halah... dia datang lagi...

11:31 AM

sudah pernah lihat elang bondol yang nama latinnya haliastur indus? kalau belum, gambarnya dapat disimak di samping ini yang saya unduh dari situs ini. elang yang merupakan maskot kota jakarta ini termasuk satwa langka. dan, di perbatasan jakarta-depok ada patungnya sedang menggenggam salak condet. jadi kalau anda ke depok, patung ini ada di sebelah kanan anda. agak tertutup (aneka spanduk dari pusat perbelanjaan yang ada di depok) memang, jadi harus jeli melihatnya.

kemarin ada elang yang mampir ke kantor. untung bukan elang bondol. karena kalau bondol urusannya kita harus mengembalikannya ke balai taman nasional kepulauan seribu yang mengurusnya. tapi elang yang kemarin datang itu 'ngeselin' banget deh. :d betul! dia adalah (elang) 'brontok', salah satu jenis elang yang namanya dicatut sama pembuat virus. dan, yang nemplok di komputer kantor adalah varian baru.

entah mengapa si brontok 'mejeng' di situ. padahal, komputer itu baru saja di-install anti virus yang lumayan kondang dan direkomendasikan pula oleh pembuat os terkenal. tapi, sehebat-hebatnya anti virus ternyata lebih hebat virusnya. waktu nanya sama teman yang 'gila' komputer soal si brontok ini, dia malah menjawab: 'yang 'notepad' itu kan? gua udah kena duluan, hehehe." varian baru ini memang mengubah 'msconfig' dan 'regedit' menjadi notepad.

bagaimana cara membersihkannya? banyak panduan yang beredar di milis/internet. salah satunya ada di sini. tapi, berhati-hatilah sebelum melakukan pembersihan virus (yang pembuatnya dimaki-maki dan disumpahin banyak orang di berbagai milis) ini. karena itu sudah menyangkut 'jeroan' atau registry sistem operasi komputer. salah buang bakalan 'error' jadinya. tapi, jangan juga takut untuk mencoba.

cara lain ya menggunakan anti virus. namun harap diingat, brontok ini virus lokal. anti virus dari mancanegara belum tentu mampu menangkapnya. di situs yang saya sebut tadi disertakan juga anti virus yang kecil ukurannya (dapat masuk flash disk, yang sering disalahkaprahkan menjadi usb :d). kata teman saya yang 'gila' itu pake ini ampuh juga. saya belum mencoba. silakan saja tapi tanggungjawab tetap sepenuhnya di tangan anda.

cara lain lagi? ya reformat saja harddisk-nya. dijamin semua virus yang ada bersih tuntas. tentu saja back-up dulu semua data yang ada. dan, reformat harddisk, kalau tidak salah saya baca, memang dianjurkan.

apapun pilihan anda. semuanya ada resikonya. hah???

You Might Also Like

3 komentar

populer...