ijab kabul zakat lewat sms...

10:23 AM

'sempurnakan puasa anda dengan berzakat.' 'zakat adalah energi.' 'zakat membahagiakan.' 'berbagi lewat zakat.' 'zakat memerdekakan.' 'zakat itu indah.' dan, masih banyak lagi ungkapan mengenai rukun islam ke tiga yang wajib dilaksanakan (sepanjang kita mampu untuk mengeluarkannya).

kebiasaan saya (dan, barangkali, juga anda para pembaca) membayar zakat ya ke masjid dekat rumah. atau, ada juga mungkin, yang langsung memberikan kepada mereka yang berhak mendapatkan zakat.


sejalan dengan bergulirnya waktu, selain badan amil zakat yang ada di masjid-masjid, bermunculan juga badan-badan serupa milik swasta. karena badan-badan ini dikelola dengan profesional, berarti ada untung-rugi yang dipertaruhkan. kemudian, merekapun bagai berlomba untuk menjaring zakat sebanyak-banyaknya. seperti layanan jemput zakat. jadi, anda tinggal angkat telepon nanti petugas datang mengambil sekalian melakukan ijab kabul.

nah, kini dengan semakin modernnya gaya hidup, bayar zakat semakin mudah, anda tinggal datang ke atm dan setorkan uangnya lewat transfer rekening bank. simak di sini
Maka orang yang memanfaatkan transfer langsung lewat ATM atau bank, biasanya sudah tahu dengan pasti, berapa besar kewajiban zakat yang wajib dikeluarkan. Dia juga sudah tahu dengan tepat bahwa rekening itu memang untuk menyalurkan harta zakat. Walhasil, tidak ada yang salah dengan sistem ini. Sebab pihak lembaga juga sejak awal sudah mensosialisasikan dengan cermat bahwa nomor rekening tersebut memang semata-mata untuk pengaluran harta zakat. Bukan untuk sedekah atau infaq lainnya.
bagaimana dengan ijab kabul? dengan sistem ini, pembayaran zakat tak perlu lagi ijab kabul.
Adapun pembahasaan ijab kabul ketika membayar zakat dengan melakukan transfer ke Bank adalah dengan melakukan konfirmasi by sms atau phone bahwa saya (pembayar zakat/ muzaki) telah melakukan transfer zakat sebesar Rp. …..,- rupiah melalui bank ….. kepada petugas lembaga zakat bersangkutan, dan kemudian dari lembaga zakat akan memberikan bukti kuitansi donasi kepada pembayar zakat
bingung? apakah gaya hidup modern ini boleh dikatakan syar'i? wallahu a'lam bishashawab...

You Might Also Like

2 komentar

populer...