anda bangga?

5:04 PM

sebuah percakapan, terdengar sambil lalu, di sebuah angkot.

wanita satu:
apa yang mau saya banggakan. Ibu rumah tangga seperti saya kerjanya ya masak. beres-beres rumah. bantuin anak bikin pekerjaan rumah sekolah.

wanita satunya lagi: tentu ada yang ibu banggakan.

wanita satu: ah, saya nggak bisa pake laptop. pake internet juga masih nanya-nanya sama anak saya.

wanita satunya lagi: ibu, apa yang ibu lakukan...

saya turun duluan. mereka masih asyik bicara...

buat saya sih, apa yang dilakukan ibu rumah tangga itu. adalah sebuah kebanggaan. memasak? inilah keterampilan yang sebaiknya dimiliki kaum hawa. mengapa demikian? masakan rumah biasanya, umumnya, lebih sehat, lebih bersih daripada masakan di luar. ibu-ibu bisa memilih sayuran yang paling bagus. tak perlu memakai bumbu masak yang tak perlu. tailor-made pula, artinya sesuai masakan yang sesuai selera penghuni rumah.

bantuin bikin pr, kalo saya sih nyerah deh. selain pelajaran anak-anak sekarang suka bikin kening berkerut-kerut, waktunya juga udah habis di jalan. berapa banyak atau berapa persen apa yang diajarkan di sekolah mampu diserap anak? tanpa bantuan ibu di rumah, hasilnya boleh jadi tidaklah maksimal.

nggak bisa pake laptop? masih ingat ungkapan (jaman sd dulu) yang berbunyi: alah bisa karena biasa? mungkin si ibu hanya tidak biasa (atau sering) menggunakan laptop. kalau memang demikian adanya, tentu tak elok kalau ibu itu menganggap dirinya gaptek. ayo bu, minta tolong sama anaknya (yang mungkin lebih piawai memakai laptop karena mengajarkan juga internetan).

masih gak bangga bu? atau kebanggaan berbeda ya bagi setiap orang?

You Might Also Like

7 komentar

populer...