obatnya abis...masuk lagi dah

10:43 AM

taon ini, di daerah khusus ibu kota sebentar lagi bakalan ada pilkada alias pemilihan kepala daerah. pernah tercatat sebagai warga dki jaya —dan lahir juga di sini—saya cukup akrab dengan pelbagai pernak-pernik jakarta. semisal makanan, minuman atau kesenian seperti lenong. juga cersil alias cerita silat dengan jagoannya si jampang. nah, ngomong soal cerita ada yang namanya sahibul hikayat 

Sahibul hikayat diambil dari literatur bahasa Arab yang bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki cerita atau yang empunya cerita. Kata sahibul hikayat juga ditujukan pada nama sejenis sastra lisan yang dibawakan oleh tukang cerita (pencerita). Cerita yang dibawakan dalam sahibul hikayat biasanya berasal dari cerita-cerita Persia seperti Seribu Satu malam

salah seorang penggiat sahibul hikayat yang saya tahu adalah bang yahya andi saputra. di laman facebooknya beliau melukiskan dirinya sebagai: mempelajari tradisi lisan, khususnya shohibul hikayat. sekelumit bang yahya saya cuplik dari sini

Bang Yahya, yang pada awalnya lebih terkenal sebagai aktivis kebudayaan Betawi, kini kian mantap dengan Sahibul Hikayatnya. Yahya terpanggil untuk mengembangkan salah satu tradisi lisan yang berkembang di masyarakat Betawi ini. Menurut Yahya, Sahibul Hikayat saat ini sudah hampir punah, karena ditinggalkan para pendongengnya. Padahal, banyak sekali manfaat dari kesenian ini. Salah satunya sebagai sarana dakwah. Cerita yang disampaikan dalam sahibul hikayat biasanya penuh dengan pesan moral dan agama. 

saya juga gak ngerti kenapa bang yahya beberapa kali suka bercerita soal kodir balok. tapi percaya dah sama saya, ceritanya selalu bikin ngakak. ini sebagian cerita yang saya kutip dari laman facebooknya 



Saban awal tahun, Kodir Balok suka inget masa lalu. Masa idup di RSJ dan paling demen ama kegiatan evaluasi tahunan. Jadi kenal ama penghuni baru dan tau sebab-musabab masuk rumah sakit jiwa.Kodir Balok tanya-tanya temen barunya

Taryo masuk lantaran mancing.
“Lah, mancing kok dimasukin ke sini, Yo?”
“Iya, saban hari gua mancing di depan rumah.”
“Asik dong punya empang di depan rumah.”
“Gua mancing di jalan raya depan rumah.”
“Yah... puguh aja masuk sini. Emang mulanya kenapa?”
“Gagal jadi anggota dprd, abis ratusan juta...”

Gois kepagian masuk kerja.
“Keren dong...”
“Gak tau dah. Gua buka pintu kantor pake linggis!”
“Ebujug. Emang Sekuritl ke mana?”
“Justru Sekuriti yg bawa ke sini.”
"Emang mulanya kenapa?”
“Gua dipecat gara-gara sering mukulin sekretaris yg gua liat kaya setan!”

Ariana masuk saking sayang ama kucing.
“Lu keren dong, Na. Penyayang binatang. Hormat gua.”
“Iya sih. Gua mandiin kucing terus gua peres. Lah mati. Ada kali 12 yg mati!”

Santo masuk karena diomelin guru.
“Yailah, baru diomelin doang, lu segitu sensinya. Sepele, To!”
“Tapi gua liat guru kaya anjing herder. Gua ketakutan. Kan gua anak kucing.”

udah pada ketawa? (ilustrasi minjem dari sini. bangunan itu merupakan "new mental health building at bispebjerg hospital, denmark")
   

You Might Also Like

0 komentar

populer...