terkaget-kaget di pasar kaget juanda...

1:56 PM

kredit motor di pinggir jalan? iya betul. bila anda melalui jalan ir. h. juanda – yang menghubungkan jalan margonda dengan jalan raya bogor – kemudian masuk menuju jalan tembus menuju depok 2 tengah, di pinggir jalan ada satu dealer sepeda motor yang memajang barang dagangannya di atas mobil bak terbuka.

ada barang lain? jangan khawatir. di pasar kaget juanda, yang hanya muncul setiap hari minggu, anda nyaris bisa menemukan segala barang. makanan (benar-benar memanjakan perut. dari gudeg sampai dimsun, bubur candil sampai lopis padang, ketoprak sampai mie ayam semua tersedia), minuman, pakaian, buah-buahan, ikan hias, alat pancing, helm, semir ban, pengkilap velg, dan yang lain-lain.


kegiatan di pasar kaget ini sudah dimulai sejak subuh hingga menjelang tengah hari. di pasar – yang konon muncul sejak tahun 2006 dan beberapa pedagangnya mantan pedagang dari kampus ui, depok – tumplek bleg segala rupa. ada yang berajojing, eh, jogging, cuci mata, putar-putar dengan sepeda motor. selain pedagang yang mangkal di pinggir jalan, ada juga pedagang keliling dengan mobil. dilengkapi pengeras suara, sang pedagang menjual obat penghilang kutil dan segala macam urusan kulit seperti kudis, kurap, panu dan saudara-saudarinya.

keberadaan pasar kaget ini boleh dibilang mengganggu ketertiban, apalagi jalan juanda itu mempunyai embel-embel 'kawasan tertib lalulintas'. di pagi hari ketika pasar mulai menggeliat, jangan harap anda bisa leluasa melalui sepenggal jalan ini. berjalan kaki saja sudah susah. motor pun harus bergerak perlahan. mobil ya lebih pelan lagi. karena selain berniaga di pinggir jalan seperti trotoar, jembatan pun sudah diokupasi juga. minggu kemarin ketika saya beserta istri dan anak melintas di situ, ketika jam sudah menunjukkan angka sebelas, masih rada susah untuk berjalan.

akhirnya memang jadi serba salah. kalau dilarang, mematikan orang yang ingin mencari nafkah dengan halal. tidak dilarang, yah keadaannya seperti tak ada aturan. kalau trambtib salah bertindak bisa-bisa jadi chaos. berdagang dengan tertib tidak mengganggu lingkungan tentunya dapat dilakukan. sayang kalau pasar kaget ini juga hilang karena ia membuka lowongan pekerjaan selain juga jadi perputaran ekonomi non-formal. boleh jadi, dalam hitungan jam saja uang yang berputar di situ puluhan bahkan mencapai ratusan juta.

You Might Also Like

4 komentar

populer...