hanya dua ribu...

7:58 PM

duaribu'ibu dari mana?'
'dari puskesmas?'
'ah, yang bener?' tanyanya heran

kok heran? heran karena kok mau sih ke puskesmas. itu kan tempat berobat buat (maaf) orang gak mampu. bayarnya hanya dua ribu rupiah. barangkali, itulah gambaran umum ketika melihat yang namanya puskesmas. padahal puskesmas
adalah Organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat.
nah, jelas kan. upaya kesehatan yang dijalankan puskesmas memang harus terjangkau. tidak boleh ada diskriminasi. semua mendapatkan standar pelayanan yang sama. tak peduli, apakah anda datang bersandal jepit atau memakai sepatu kulit, di mata sang dokter anda adalah pasien. (lagipula saat memasuki ruang praktek, anda memang harus melepas alas kaki yang digunakan :D. saya setuju dengan kebijakan ini, agar ruangannya tetap bersih.)

tapi. tapi apa lagi? dokternya kan dokter umum semua. kalau yang sakit balita bagaimana dong. jangan takut. di puskesmas depok, pasien anak-anak dibagi menjadi di bawah usia lima tahun dan lima tahun hingga 14 tahun. sudah pasti, dokter yang bertugas di sini adalah dokter spesialis anak. dan, untuk lansia (di atas 55 tahun) ada poli tersendiri.

ada tapi yang lain? prosedurnya susah ya? harus ada surat pengantar dari rt-rw? ya gak lah :D. gampang alias mudah. jangan malu bertanya kalau baru pertama kali ke puskesmas. kalau hanya berdiri menunggu panggilan giliran, bisa jadi tidak ada panggilan untuk anda. lihat dulu kiri kanan, di dinding ditempelkan aneka informasi tentang kesehatan dan yang lain. nah, salah satunya adalah prosedur untuk berobat di puskesmas. tahap demi tahap dijelaskan apa yang harus dilakukan.

kalau semua sudah dilakukan, silakan menunggu giliran. jangan coba-coba untuk menyelusup atau menyerobot. semuanya tanpa kecuali harus antre. menanti giliran memang lebih lama ketimbang pemeriksaan oleh dokter. namun usah khawatir jadi bete. ada teve gantung yang siap menghibur anda. atau, kalau mau jajan silakan saja di luar banyak tukang yang berjualan.

oh, iya, bagaimana dengan kebersihan? sepanjang yang saya lihat: bersih. tentu saja, kebersihan adalah tanggung jawab bersama. janganlah semata-mata mengandalkan petugas di sana. apa salahnya kalau kita membantu mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan...

cerita lain tentang puskesmas ada di sini...

You Might Also Like

0 komentar

populer...