idih, masa ke puskesmas sih...

9:40 PM

puskesmas"itu kan tempat orang miskin berobat". "masa tempatnya dokter kayak begitu". "gak caya deh lo ke puskesmas". dan, seribu satu sebutan lainnya dapat dialamatkan ke puskesmas. namun sebelum lanjut, mari satuartikan dulu apakah itu puskesmas. menurut ini puskesmas adalah: 'Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terletak di tingkat kecamatan. Pengelolaan Puskesmas umumnya berada di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota'.

nah, seumur-umur (:d) baru kemarin saya menemani teman yang harus ke puskesmas untuk urusan yang berhubungan dengan kesehatan. tadinya sayapun punya gambaran yang agak 'miring' soal puskesmas. tapi, sayapun mempunyai informasi lain yang positif. saya masih ingat kata teman seperjalanan ke kantor: "puskesmas sekarang sih beda pak. ada yang sudah dapat iso (bukan babat loh) seperti di tebet." saya manggut-manggut mendengarkan si bapak.

maka mendualah hati saya saat mencapai puskesmas di bilangan guntur itu. dari luar gedungnya berlantai tiga terlihat apik. dalam benak saya: kalau gedungnya bersih mestinya sih dalamnya juga oke nih. melangkah masuklah kami bertiga. petunjuk yang ada jelas sehingga tanpa perlu bertanya kami mengarah ke ruangan yang dituju teman saya.

bersih memang. tapi ini belumlah cukup. lihat dulu kamar kecilnya. hmmm... air ada. bersih pula meski tisyu tak ada. pelayanannya oke juga kok. kalau lambat karena petugasnya hanya seorang sementara pasien berbilang banyak. saya berbisik dengan teman: "bener ya, puskesmas sekarang memang beda." coba anda tengok di sini. beda kan.

teman ini mengiyakan dan juga menceritakan tentang temannya yang sakit telinga. sudah habis berbilang juta rupiah tapi sakitnya belum sembuh. disarankan pasien ini untuk berobat ke puskesmas. awalnya ia menolak. akhirnya ia mencoba juga. dan, hasilnya sakitnya sembuh. rogohan ke koceknya pun tak sampai seratus ribu rupiah.

oh, ya, di puskesmas kecamatan setiabudi itu ada juga rumah bersalin dan ugd. ya betul ugd alias unit gawat darurat. umumnya unit ini adanya di rumkit kan. tapi, ini adalah pengalaman pribadi dan di kota besar pula. bagaimana dengan puskesmas di daerah? boleh jadi sudah bagus pula kondisinya. atau malah macam kerakap tumbuh di batu alias mati segan hidup pun tak mau?

You Might Also Like

7 komentar

populer...