hati-hati (di)wawancara(i)...

5:11 PM

kalau mau melamar, baik pekerjaan atau calon isteri atau suami, biasanya ada proses wawancara. prosesnya bisa panjang-lebar. bisa lama dan melelahkan. bisa bikin kesal juga. pun bikin marah, dalam hati: ‘ni orang ngerti gak sih yang ditanyain?’:d namun sudah aturannya demikian. mau tak mau. suka tak suka harus dilakoni.

nah, kemarin saya mendapat kiriman e-mail seperti saya kutipkan di bawah ini. para pembaca yang budiman dan budiwati boleh berperan sebagai pewawancara atau terwawancara (benarkah istilah ini?).

T : Kowe nduwe omah opo ora.....? kamu sudah punya rumah atau belum?
J : dereng.... belum.....
T : Wah kowe ora iso ketompo nang kene wah..kamu ndak bisa ketrima di sini
J : Lho kok ngaten........? lho kok begitu...???
T : Mengko kowe mesthi ngajukne utang nang perusahaan. Nanti kamu pasti ngajuin utang ke perusahaan...
J : Ah.. mboten kok, Sak janipun tiyang sepuh kulo niku sampun sugih. ah...ndak kok, sebenernya orang tua saya sudah kaya raya....
T : Yo malah ora ketompo .....ooo malah ndak ketrima...
J : Lho kok ngaten.....? lho kok begitu....?
T : Mengko kowe kerjo mung nggo hiburan, nongkrang nongkrong ae. Nanti kamu kerja cuman buat hiburan, cuman nongkrang-nongkrok thok... #@*!

T : Kowé seneng guyon opo ora ? Kamu suka becanda nggak?
J : Mboten pak, kulo serius nék nyambut gawé. Tidak, Pak. Saya serius kalo kerja.
T: Ra ketompo..... Tidak diterima....
J : waa......kok ngoten? waa....kok gitu?
T : Engko konco koncomu lan anak buahmu podho stress. Nanti temen-temenmu dan anak buahmu pada stress..
J : Sak jané nggih sekedhik sekedhik seneng guyon. Sebenernya ya, sedikit-sedikit suka becanda....
T: Malah ora ketompo. Malah ndak diterima....
J : Lho kok...... lho kok..??
T: Engko kowé mung email emailan sing lucu....... Nanti kamu cuman e-mail-emailan yang lucu...
sebenarnya masih ada wawancara yang lain namun karena keterbasan tempat (alasan klise ya) tak semuanya saya posting. lagipula saya takut kena claim karena setelah membaca ini semua pembaca hanya tertawa-tawa saja. tapi, jangan-jangan, kejadian ini benar-benar ada, semisal di acara lawakan atau malah di kantor-kantor? doa saya, semoga yang akan diwawancarai dan mewawancarai tidak melakukan seperti kutipan di atas.

You Might Also Like

7 komentar

populer...