tak sengaja melestarikan...

6:52 PM

kemarin paman datang,
pamanku dari desa...
ingatkah anda judul lagu itu? atau, tahukah anda kelanjutan tembang itu? atau, tanyakan kepada putra-putri anda, barangkali, mereka malah tahu. kok bisa? kenapa tidak. karena itu lagu anak-anak? lagu anak-anak memang iya, tapi dari mana mereka tahu lagu itu?

dari sekolah? belum tentu karena kebanyakan pengguna odong-odong belum duduk di bangku sekolah. di sekolah pun, apa iya sekarang masih diajarkan lagu anak-anak jaman dahulu, macam 'ambilkan bulan', 'naik-naik ke puncak gunung' dan seterusnya. (si bujang oleh guru senbudnya malah diajarkan lagu kokoro no tomo. dan, dalam soal ulangan yang ditanyakan adalah lagunya justin bieber)

terus? diajarkan orang tuanya? tidak juga karena orang tuanya juga sudah tidak ingat atau tidak tahu sama sekali. lantas dari mana datangnya cinta eh, sumbernya? ternyata, setelah diselidiki, dari abang penjual jasa odong-odong, yang seringkali lewat sambil memutarkan lagu anak-anak. ah, mana mungkin. mengapa tidak? si abang, sangat boleh jadi, tidak bermaksud melestarikan lagu anak-anak. dalam benaknya, ya lagu-lagu seperti di ataslah yang pantas menjadi pengantar saat anak-anak bergoyang-goyang di atas sadel. semoga saja, si abang tidak lantas ikut-ikut-an latah dengan memutarkan lagu-lagu masa kini yang didengarkan anak-anak lewat radio atau televisi...

nb. masih penasaran sama lagu di atas? :D silakan klik ini

You Might Also Like

1 komentar

populer...