tetangga lagi...

10:20 PM

++ (temen) ah, hari ini gua bener-bener terkejut-kejut
-- (sayah, meledek) terkejut aja udah bikin kaget apalagi sampe terkejut-kejut
++ ah, elo emang gak boleh orang salah sedikit, langsung nyamber kayak bajaj
-- (ketawa) yah mahaf deh, silakan dilanjut...
++ gua pikir tetangga gua itu bener-bener gak mau kenal sama orang lain
-- maksud lo?
++ gini nih, tetangga gua yang satu ini ditengarai sebagai sombong. ada yang senyum sama dia, eh, malah buang muka. pokoknya kesannya gak ada bagus-bagusnya deh...
-- terus, ternyata kesimpulan lu salah kan...
++ (tertawa) tadi pagi gua gak nyangka bakal bareng-bareng satu angkot sama tuh bapak. ya, sebagai orang yang lebih muda gua negur duluan. basa-basi aja sih maksudnya...
-- terus keterusan basa-basinya ya...
++ masih dalam kerangka basa-basi gua jadi nanya soal kerjaan dia. secara gua emang gak ngerti-ngerti amat kerjaan dia. ceritalah si bapak panjang lebar. gua manggut-manggut aja, meski gak semua yang dia terangkan gua ngerti...
-- uh, dasar lu... terus...
++ bukan cuma soal kerjaan aja yang dia cerita. gua juga nanya soal keluarganya. ah, bener-bener panjang lebar deh. sampe-sampe mau turun angkot kita masih ngobrol. dan, gua dibayarin ongkosnya...
bukan cuma teman saya saja bahkan saya juga punya pandangan atau prasangka bahwa bila seorang tetangga kelihatannya tak mau bersosialisasi dengan lingkungan lantas dengan mudah si tetangga itu dilabeli sebagai asosial.

padahal saya dan juga barangkali teman saya itu tidak pernah menanyakan mengapa si tetangga itu bersikap demikian. yang ada dalam benak, kemudian, adalah: itu orang sombong, itu orang sok, itu orang gak mau kenal dan lain sebagainya. saya pikir-pikir saya sudah berlaku tak adil dengan orang itu.

setelah mendengar cerita teman saya itu barulah saya berpikir bahwa ada sesuatu yang membuat seseorang jadi menutup diri. boleh jadi ia trauma dengan tetangga lamanya. atau karena pengalaman orang tuanya atau saudaranya yang pernah berurusan tidak enak.


hidup bertetangga memang susah-susah-gampang. terlalu banyak gaul dengan tetangga bisa-bisa kena label ember. jarang bergaul boleh jadi dikatakan sombong. buat kaum ibu mungkin keadaannya bisa lebih 'ramai' seperti tak ikut arisan dianggap tak mau kenal lingkungan dan lain-lainnya.

enaknya bagaimana ya?

You Might Also Like

5 komentar

populer...