antara saint, sains dan mbebek...

4:55 PM

sebentar lagi siswa-siswi tingkat sd akan mengikuti awalnya adalah untus (ujian nasional terintegrasi ujian sekolah) sekarang berdasarkan permen nomor 39 tahun 2007 menjadi uasbn alias ujian akhir sekolah berstandar nasional. kalau tidak ada perubahan lagi apa sih yang tidak berubah di negara ini? uasbn diadakan tanggal 13-15 mei 2008.

menyambut perhelatan yang baru pertama kali digelar untuk anak sd ini, bermunculanlah aneka kain rentang dari sekolah-sekolah tingkat smp, swasta maupun negeri yang menjual dirinya bahwa mereka adalah sekolah yang pernah juara di sana, juara di sini, akreditasi plus dan lain sebagainya. tujuannya hanya satu menarik para lulusan sd itu ke tempat mereka.


hari-hari ini selain sibuk menyiapkan diri untuk ujian akhir, para siswa-siswi sd itu juga sibuk bergelut dengan aneka soal dari berbagai mata pelajaran untuk mengikuti tes masuk smp. berat nian perjuanganmu nak. di antara sekolah-sekolah itu ada satu sekolah yang di mata saya mempunyai kriteria pengumuman kelulusan (diterima-tidaknya di sekolah itu) yang agak aneh. para peserta baru akan diumumkan lulus-tidaknya kalau peserta itu sudah membayar semua biaya untuk masuk ke situ. atau lucu malahan ya? belum tentu masuk (meski lulus alias keterima) kok sudah harus bayar-membayar.

kalau ada kilah 'ini adalah urusan gua sepenuhnya' tentu sah-sah saja dan kalaupun ingin diteruskan 'kalo mau masuk kandang bebek ya harus mbebek dong jangan mengaum' ya boleh juga kok.

ah, dunia pendidikan di endonesyah memang ajaib, seperti yang terpampang pada gambar di atas. itu gambar asli loh bukan rekayasa dan sampai tadi pagi saya lewat masih bertengger dengan aman di tempatnya. oh, ya, lokasinya di dekat tmp kalibata arah pasar minggu. dan, sebagai bonus akhir pekan inilah dia dengan disertai permohonan maaf kepada bapak dan ibu guru yang terhormat:
Guru : "Anak anak, Indonesia terletak antara dua samudra dan dua...?"
Murid : "Benuaaaa... .!"
Guru : "Salah ! Yang benar Indonesia terletak diantara dua samudra dan dua duanya amatlah dalam...!"
Guru : "Sekarang flora dan fauna. Kalau ikan paus binatang mamalia, buaya binatang reptilia, kambing binatang herbivora. Sedangkan macan adalah binatang.... ?"
Mudrid : "Carnivora !"
Guru : "Kalian ini memang goblok ....Macan adalah binatang yang amat menakutkan.. .!"
Murid : ??????
Guru : "Sekarang tentang kesehatan. Kemarin si budi jatuh dari pohon, dia pingsan, tungkainya mengenai batu tajam sehingga keluar...?"
Murid : "Darahhh.... !"
Guru : "Eeee e e eee, Benar benar goblok! Yang benar Dia pingsan, tungkainya mengenai batu tajam sehingga keluarganya kelabakan... !"
Murid: %$%@^#$@^%#$ @@#@

You Might Also Like

3 komentar

populer...