sarimin pergi ke pasar...

4:15 PM

pusing memikirkan kenaikan harga-harga sembilan bahan pokok, angkutan, biaya ini, biaya itu serta yang lainnya seiring dengan kenaikan bbm di akhir bulan mei? atau heran membaca perang gerilya para pahlawan tanpa tanda jasa dalam usaha mem-bantu-luluskan anak didiknya? (saya malah sedih. karena mereka bagaikan pelanduk di antara gajah yang bertarung. atawa lebih pas disebut buah simalakama? apapun namanya, memang aneh rasanya anak-anak di pelosok papua mengerjakan soal yang sama dengan anak di pinggiran jakarta. dan, para guru serta siswa sedang harap-harap cemas menunggu hasilnya di bulan juni nanti.)

daripada pusing atau sedih, mending nonton topeng monyet.
Topeng monyet adalah kesenian tradisional yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia. ... kesenian ini melibatkan seorang pawang yang melatih monyetnya untuk melakukan berbagai aktivitas yang meniru tingkah laku manusia, misalnya mengenakan pakaian, berdandan dan pergi belanja. ... Monyet yang melakukan atraksi-atraksi ini diiringi dengan musik yang dimainkan olah satu atau beberapa orang. Alat musik yang dimainkan biasanya berupa gendang kecil yang dimainkan dengan satu tangan sedangkan tangan yang lain memegang tali pengikat monyet.
jaman saya kecil dulu, paling juga pawang sama monyet yang jalan. sekarang bisa dua atau tiga orang (pawangnya sih teteup satu) serta anjing ikut dibawa untuk mengamen topeng monyet. tidak murah memang kalau ingin 'menanggap' monyet yang tak memakai topeng ini. apalagi kalau kita sengaja memanggilnya saat melintas di depan rumah.

pernah suatu saat kami sengaja menanggapnya untuk merayakan ulang tahun teman se kantor. sang monyet pun diganti namanya menjadi nama yang ulang tahun. mau tak mau, suka tak suka, si fulanah yang ulang tahun hanya senyam-senyum (kecut) melihat atraksi sang monyet.

minggu lalu, serombongan penopeng monyet melintas di depan kantor. saya tidak memanggilnya. tapi tak lama terdengar perkusi bertalu-talu dipukul. atraksi lebih keren dari yang jaman dulu. si monyet bukan cuma pergi ke pasar tapi beraksi ala pembalap moge. (terlepas dari apakah topeng monyet merupakan animal abuse atau eksploitasi hewan, tapi ada satu hal yang pasti: hewan aja bisa diajar kok.) ah, pusing kan... penasaran sama gaya sarimin yang lain? longoklah di sini

You Might Also Like

7 komentar

populer...