jadi pramuka (sekarang) memang enak....

5:25 PM

disini senang
disana senang
dimana-mana hatiku senang…

penggalan lagu yang mudah sekali diingat. ditambah dengan tepuk-nya jadilah iya sebuah kebanggaan. saya masih ingat saat sd dulu. begitu niatnya saya untuk menjadi pramuka alias praja muda karena sampai-sampai berbohong sama ibu demi mendapatkan sehelai seragam pramuka.

di benak saya saat itu: betapa gagahnya memakai baret coklat sementara di pinggang terselip tali temali yang sudah terjalin dan juga pisau belati (ih, ngeri yak :d) serta sempritan. plus macam-macam tanda kecakapan. enaknya bisa berkemah di alam bebas. bisa ikut bantu-bantu kalau ada kecelakaan macam palang merah. bisa bikin tandu dan lain sebagainya.

berbekal baju seragam yang saya simpan di rumah teman, setiap sabtu selesai jam sekolah saya pun dengan semangat empat lima mengikuti latihan pramuka. latihan baris-berbaris, semapur, tali-temali dan lain sebagainya. senang sekali rasanya. apa lagi setelah dapat kacu. rasanya, saat itu, tak ada lagi aktifitas yang bisa mengalahkan pramuka.

namun kesenangan itu tak bertahan lama. bak kata pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya terpeleset juga. ibu saya akhirnya mengetahui kalau saya menjadi pramuka. alhamdulillah yang ada saya ‘diberi petuah’ panjang lebar. tapi, sampai sekarang, saya tidak mengerti mengapa saya dilarang mengikuti kegiatan itu: mengapa saya tak boleh mengaktualisasikan diri lewat pramuka? mengapa saya tak boleh menjadi mandiri lewat itu? entahlah.

bagaimana dengan pramuka masa kini? sepertinya lebih asyik jadi pramuka sekarang. jambore yang baru saja berakhir kemarin di jatinangor, sumedang, jawa barat (waktu itu saya memang tak sempat ikut jambore karena sudah keluar) adalah buktinya. pembina yang memasak, kalau tak suka dengan masakan yang ada tinggal ke tenda makanan siap saji. mereka juga ‘dijejali’ dengan informasi yang menggiring ke arah konsumtivisme. Lebih lengkap silakan klik ini.

mau kemana pramuka kita dibawa? apakah karena tuntutan jaman, para pembina pramuka kini pun bergolf-ria?

You Might Also Like

6 komentar

populer...