jangan lupa bawa visa...

2:42 PM

”jangan lupa ya kalau mau ke bogor sekarang harus membawa visa lho,” kata seorang teman. yang lain menanggapi dengan serius: “ah, mana mungkin sih emangnya Indonesia udah jadi negara bagian?”

teman yang pertama jelas-jelas hanya bergurau. tapi maksudnya dia, sebenarnya sih jelas: jangan lupa bawa (kartu berlogo) visa kalau ke bogor karena kalau mau memborong pakaian di factory outlet tidak repot lagi.

sementara teman yang satu lagi mengartikan visa sebagai ijin untuk memasuki sebuah negara. bertautan dengan yang terakhir ini mengurus visa bisa menjadi urusan yang gampang-gampang susah. tergantung negara mana yang ingin dimasuki serta apa tujuannya. apakah sekadar berwisata atau sekolah atau ingin menanamkan modal.

untuk urusan investasi sangat boleh jadi, visa lebih cepat keluar. begitu pula kalau berhubungan dengan pendidikan. tapi entah salah (urus) dimana tim olimpiade matematika Indonesia gagal berangkat ke slovenia. kisahnya dapat dibaca di situs ini.

kalah sebelum bertanding, barangkali ungkapan yang pas diberikan kepada tim ini. sia-sialah jerih payah mereka menyiapkan diri. begitu pula dengan usaha para pelatih mereka. kejadian ini menambah karut marutnya dunia pendidikan di negeri ini setelah masalah ujian akhir nasional yang memakan korban anak didik.

mau dibawa kemana dunia pendidikan kita?

You Might Also Like

8 komentar

populer...