jumantik ketemu jumintem...

10:34 PM

"DARIPADA marah-marah, lebih baik membasmi sarang nyamuk selama tiga puluh menit".
pernah membaca kalimat itu? mungkin pernah. boleh jadi belum. tapi, tak mengapalah. saudara dan saudari sekalian sudah dapat menerka bahwa itu berhubungan dengan nyamuk. bukan sembarang nyamuk tapi nyamuk penyebab dbd alias demam berdarah dengue. selain pembasmian sarang nyamuk ada juga yang disebut jumantik dan jumintem.

menurut ini jumantik adalah juru pemantau jentik dan juminten itu juru minimalisasi terhadap endemis. jumantik ini bolehlah dikatakan sebagai garda depan pembasmian dbd namun keberadaannya suka tidak dianggap seperti dikatakan disini
...peran jumantik untuk memerangi jentik-jentik yang siap menjadi nyamuk dewasa tentulah sangat besar. Namun sayangnya, masyarakat sering kali masih meremehkan keberadaan mereka.
mereka kadang ditolak pemilik rumah karena dianggap mengganggu. padahal mereka itu ahli menemukan jentik-jentik. bagi yang belum biasa melihat jentuk tentu akan bingung saat diminta memeriksa adakah jentik-jentik di rumahnya.

jadi kalau anda didatangi jumantik, persilakan mereka memeriksa kamar mandi rumah anda. dan, jangan melepas stiker yang ditempelkan. bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati. kuno tapi masih oke kan. :d

You Might Also Like

6 komentar

populer...