tetangga, apaan sih...

6:22 PM

= gua mau marah. tapi gua pikir-pikir gak ada untungnya juga.
+ kenapa sih?

= tetangga gua kan lagi renovasi rumahnya. elu tau kan gimana kotornya. pada berjatuhan ke tempat gua.
+ emangnya gak dibersihin?
= kalo udah dibersihin sih gua anteng-anteng aja kali...
+ ngomong-ngomong tetangga lu udah ijin?
= awalnya sih dia cuma ngomong mau ngerenovasi rumah. kalo yang elo maksud ijin itu dia menemui gua di rumah, ya dia baru datang setelah isteri gua protes sama para tukang yang kerja.
+ kalo isteri lo gak protes, dia bakal diem-diem aja dong seperti gak ada apa-apa.
= gua rasa gitu. soalnya waktu dia datang minta ijin, ngomongnya lebih galak dia. saya mau ijin, bla, bla, bla... tapi nadanya tinggi dan dia ngerasa statusnya lebih tinggi dari gua.
+ hah? kok bisa gitu sih? padahal itu kan tetangga elu udah lama, waktu nempatin rumah bareng-bareng elu kan?
= iya emang, waktu akad kredit juga barengan kok. yang ngeselin lagi, tukangnya jadi nganggep remeh gua dan isteri gua.
+ nganggap remeh gimana?
= waktu isteri gua protes, eh tukangnya malah ketawa-ketawa...
+ wah, untung bukan gua yang ngadepin. buat gua itu sih sama aja nabuh genderang perang...
= he, he, he... oh, ya, satu lagi yang bikin tambah kesel. tuh orang kok minta ijin sama gua aja, padahal yang sehari-hari di rumah, sama seperti elu, ya isteri kan. dia pikir isteri gua gak pantes ngasih ijin kali...
low batt. omong-omong terhenti. hidup bertetangga seperti (dibuat) susah oleh tetangga teman saya yang sedang merenovasi rumahnya. kalau saja si tetangga itu mau bicara baik-baik dan menempatkan dirinya bukan sebagai warga yang berkasta lebih tinggi, saya yakin teman saya akan dengan senang hati mempersilakan tetangganya.

tapi, kenyataannya, si tetangga itu malah kelihatannya merasa lebih hebat dan mampu. kasarnya, barangkali, diijinkan atau tidak orang itu pasti membangun. saya jelas tidak suka dengan gaya ini. saya juga tidak suka dengan perlakuannya terhadap isteri teman saya itu. bagaimanapun, seorang isteri saat suaminya tidak ada di rumah (bekerja, misalnya) adalah wakil suami. isteri adalah subyek hukum.

si tetangga itu juga harusnya mengerti bahwa yang menghadapi semua masalah saat suami di kantor ya praktis si isteri. mau kejatuhan kotoran, seperti kasus di atas, atau rumah bocor, atau banjir ya istrerilah yang paling pertama menghadapi. si fulan tetangga teman saya, sepertinya, lupa kalau ia juga punya isteri. apa iya dia juga suka isterinya diperlakukan seperti itu?

You Might Also Like

10 komentar

populer...