npwp, sebuah keniscayaan...

2:46 PM

'ngapain bikin npwp. gak usah deh. sekali bikin entar seumur hidup lo bakalan dikejar-kejar sama orang pajak.' pikir-pikir, bener juga apa kata tetangga. ya, sudah gak usah repot-repot mikirin. cuek. lagian, waktu itu, beberapa tahun kebelakang, mau bikin npwp rasanya susah dan ribet. jadi, ya gak bikin deh.

tapi, dengan dikeluarkannya undang-undang baru tentang perpajakan, bikin npwp adalah sebuah keniscayaan. mau tak mau. bisa tak bisa. harus ada. kecuali memang ingin beramal jariah penghasilan di-pajak-in gede. kayaknya, gak ada kale yang mau beramal dengan cara ini :D.

tanya sana, tanya sini. ada yang bilang misti bawa fotokopi ktp, kk, serta surat pengantar dari kantor. lihat website pajak, ternyata:
Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, dokumen yang diperlukan hanya berupa Fotokopi KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga. Untuk orang pribadi yang mempunyai kegiatan usaha di tambah dengan Surat keterangan tempat kegiatan usaha atau usaha pekerjaan bebas dari instansi yang berwenang sekurang-kurangnya Lurah atau kepada desa.
cukup fotokopi ktp ATAU kk. gak perlu macam-macam lagi.

langkah berikut adalah mencari kantor pelayanan pajak atau kpp. bingung? bisa telepon ke nomor 500200 jangan protes kalo anda dilayani mesin dan harus menunggu rada lama, sms ke 0813 178 72525, e-mail di pusat.pengaduan.pajak@gmail.com, atau kembali ke website pajak. di kolom kiri ada fasilitas pencarian 'Alamat Kantor Pelayanan Pajak' masukkan kelurahan dan kecamatan, dan silakan catat alamat yang diberikan. oh, ya, bisa juga daftar lewat e-register. masukkan semua data dan bawalah hasil cetakan data anda ke kkp yang sesuai dengan domisili. gimana kalo ktp ada dua? gak usah bingung pilih aja yang kpp-nya paling deket :D.

di kpp anda harus mengisi formulir permohonan. bingung ngisinya? lihatlah bagian belakang lembaran formulir. di situ ada penjelasan. kalau sudah selesai, ya, serahkan ke petugas yang ada plus fotokopi ktp. selesainya kapan? satu jam? gak bisa, sudara-sudari, saya daftar sabtu dan selesai selasa siang. janjinya bukan satu jam? janji tinggal janji, gak lah. awal-awal pendaftaran barangkali hanya sedikit peminta npwp. jadi satu jam selesai.

hari-hari terakhir desember ini kalau anda ke kkp, ruangannya penuh sesak. boleh jadi, sebagian besar adalah pemohon npwp. oh, ya, balik lagi ke tetangga yang ngusuli untuk tidak bikin npwp, akhirnya bikin juga.

You Might Also Like

4 komentar

populer...