empati itu...

5:30 PM

empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. (sumber: kamus besar bahasa indonesia, edisi kedua, cetakan keempat: 1995).

berempati buat saya menjadi sebuah pekerjaan susah-susah gampang (atau gampang-gampang susah ya?). entah buat orang lain. ambil misal berempati menjadi orang kaya. kayaknya sih gampang ya tinimbang berempati menjadi miskin (dalam artian tak berharta). pernah di saat menjadi mahasiswa, teman-teman membuat seminar tentang kemiskinan. tapi salah satu panitianya saat selesai seminar dijemput dengan sebuah sedan bmw 520. (sah-sah saja dong memandang kemiskinan dari dalam mobil mewah :d).

di republika online arys hilman pernah menulis mengenai empati seorang anak sd dari keluarga konglomerat. (saya hanya menyarikannya di sini tanpa mengubah makna). nama anak ini adalah bakar. ia mewarisi kebesaran kakek moyangnya sebagai orang kaya. sekolah di sd unggulan berstandar internasional dan bilingual. mobilnya pasti mewah seharga milyaran rupiah. dan, ini khusus untuk antar-jemput bakar.

pada saat pelajaran mengarang, sang guru meminta bakar membuat karangan tentang kehidupan keluarga sanga miskin di seberang benteng sekolah. maksud sang guru sangatlah mulia. ia ingin menumbuhkan menumbuhkan empati anak-anak didiknya yang serba berada terhadap nasib kelompok lain yang tak berpunya.

bakar yang dibesarkan dengan segala kemewahan menulis dengan penuh perasaan sesuai pesan gurunya ‘menulislah dengan hati’. dengan huruf-huruf yang belum sempurna benar bakar membuat karangan dengan tokoh ‘pak abu’. saya kutipkan lagi tulisan arys hilman:

"Pak Abu," tulisnya, “adalah orang yang sangat miskin. Benar-benar miskin, sampai-sampai pembantunya juga miskin, sopirnya miskin, dan tukang kebunnya pun miskin. Karena sering tak punya uang, Pak Abu jarang membersihkan kolam renang di rumahnya. Ia juga hanya bisa memelihara ikan-ikan kecil di akuarium seperti lou han yang makannya sedikit, tidak seperti arwana dan koi di rumahku. Kucing siam punya Pak Abu juga kurus, soalnya kurang makan. Ayam yang ia pelihara juga yang kecil-kecil, jenis kate."
salahkah bakar berempati seperti itu? benarkah ia gagal berempati?

You Might Also Like

4 komentar

populer...