bekam itu bukan beckham mas...

4:15 PM

’pak junaidhi bekam, datang hari jumat’ kata pesan yang masuk lewat sms. junaidhi bekam? ‘siapa sih? yang saya tahu victoria bekam yang suaminya suka banget nendang-nendang bola di lapangan,’ pesan balik saya ke pengirim sms. alih-alih menjawab kembali pesan saya si pengirim sms malah menelepon dan dengan sedikit kesal mengabarkan bahwa pak junaidhi itu ahli bekam yang bakal datang membekam siapa saja yang berminat. selesai pembicaraan singkat itu saya baru sadar kalau saya pernah menanyakan kapan sang ahli bekal mau praktek di kantor.

melihat teman yang selesai dibekam, hati saya lumayan menciut. terbayang rasa sakitnya, saat melihat warna membiru seperti bekas dipukul. namun sebelum bercerita lebih panjang, apa sih yang dimaksudkan dengan bekam itu? dari sini saya mendapatkan definisi bekam:

Bekam merupakan salah satu warisan perubatan Islam yang dianjurkan oleh Rasullullah s.a.w Ia merupakan istilah Melayu bererti perlepasan angin dalam badan atau perlepasan darah kotor dari badan.

Dalam bahasa Arab juga dikenali sebagai 'Al-Hijamah' bermaksud satu kaedah pembersihan darah atau angin dengan megeluarkan sisa toksik dalam badan melalui kulit secara sedutan dengan berbagai alat seperti tanduk kerbau, gading gajah, batang buloh, gelas atau yang paling moden dengan menngunakan alat vakum moden yang bersih dan suci hama.
kalau masih kurang bisa juga melihat ke sini. atau ini. kembali ke bekam akhirnya saya memberanikan (weh kayak fear factor aja :d) untuk dibekam. sebelumnya pak junaidhi menanyakan apa keluhan saya. tapi ini tentu saja bukan diagnosa seperti dokter dengan pasien. kalau mau menegakan diagnosa tentu saja lewat dokter. mesti inipun belum tentu dijamin seratuspersen benar kan? selesai tanya-jawab (ini sepertinya lebih pas) saya pun siap dibekam, eh, lebih tepat disebut pak junaidhi siap membekam.

giliran mulai dikop seperti ini (perhatikan gambarnya) rasanya kulit tertarik. setelah dibiarkan sebentar, gelas kop diangkat, nah mulai kebayang nih sakitnya. kulit yang sudah seperti membengkak kemudian di’cucuk-cucuk’ dengan alat khusus yang biasa digunakan untuk tes golongan darah. lalu gelas kop dipasang kembali dan merembeslah tetes-tetes darah memenuhi gelas kop itu.

setelah gelas kop dibuka kembali maka tampaklah ‘darah bersih’ dan ‘darah kotor’. yang kotor bentuknya seperti gel. yang bersih ya seperti umumnya darah yang kita lihat. berapa lama dibekam? tergantung keluhan pasien. lazimnya sekitar satu jam-an. bolehkah anak-anak dibekam? anak-anak usia enam tahun ke atas silakan dibekam. sakitkah? lumayan.

namun demikian sodara-sodara sekalian, bekam atau terapi lainnya hanyalah sarana untuk menyembuhkan sementara kesembuhan itu sendiri datangnya dari allah swt semata. tapi kalau anda berminat mencoba bisa menghubungi pak junaidhi di 021-826 06441 atau 0856 1635219. pak junaidhi juga mengadakan pelatihan bekam, kalau anda ingin menjadi pebekam.

You Might Also Like

10 komentar

populer...