redaksi yang terhormat...

9:34 PM

boleh dikatakan, hampir semua media massa cetak mempunyai rubrik yang isinya merupakan curahan hati para pembaca. yang membedakan satu dengan lainnya, barangkali, adalah nama rubriknya. ada yang memberikan nama 'redaksi yth' atau 'surat pembaca'. kebanyakan yang di-curhat-kan adalah pelayanan yang tidak memuaskan atau kualitas barang yang tidak sesuai dengan yang digembar-gembor-kan lewat iklan di koran atau media lainnya.

secara tidak langsung ini, sejatinya, merupakan 'iklan' juga dan gratis pula. namun kalau direspons dengan cara yang tidak benar, bisa-bisa malah menjatuhkan pamor produk barang atau jasa yang dicurhatkan. maka 'daripada-daripada' para produsen pun akan menjawab surat-surat itu. awalnya adalah ucapan terima kasih. lalu disusul dengan klarifikasi kejadiana. namuan ada juga yang berupa bantahan. dan, diakhiri dengan 'penjelasan telah diterima dengan baik dan dianggap selesai'.

setelah ini memang tidak ada lagi 'curhatan' dan sepertinya semuanya beres. yang saya suka pertanyakan (sendiri) benarkah itu selesai? apa iya para bapak atau ibu yang berkeluh-kesah benar-benar sudah jelas? atau... ah, kok seperti menga-ada ya. atau sudah pernahkah yang pernah curhat di koran? mari berbagi...

You Might Also Like

3 komentar

populer...