pinangku sayang, pinangku malang...

7:54 PM

Batang langsing, dapat mencapai ketinggian 25 m dengan diameter lk 15 Cm, tajuk tidak rimbun.
seterusnya silakan baca diwiki. sudah pasti dapat segera ditebak itu adalah cerita pohon pinang. dan, sudah pasti pula posting-an ini berhubungan dengan tujuhbelasan.

(angka) tujuh belas (di bulan agustus) adalah angka keramat. entah siapa yang (memulai) mengeramatkannya. tapi keramat atau tidak, bulan agustus selalu penuh dengan aneka keramaian serta lomba sebutlah yang klasik seperti tarik tambang, makan kerupuk, lari gundu kelereng, balap karung. bahkan, kadang, sebelum agustus pertandingan sudah digelar demi finalisasi di tanggal tujuh belas.

ada satu lomba yang memerlukan banyak biaya yaitu, apalagi, kalau bukan panjat pinang. berapa harga sebatang pohon pinang? tidak kurang dari seratus ribuan. malahan bisa lebih. belum lagi ragam hadiah yang digantungkan. jadi berapa total biaya? tak perlulah kita repot menghitungnya ya. biarkan panitia yang sibuk mencari dana.

adapun yang (sok) menjadi perhatian saya adalah batang-batang pinang itu. berapa banyak pohon pinang yang ditebang dan dikuliti setiap tahun demi memeriahkan hari ulang tahun republik indonesia? berapa banyak pula yang akhirnya terbuang alias tidak terjual dan teronggok sia-sia di pinggir jalan?

pohon pinang, barangkali, tidak termasuk tanaman langka yang dilindungi undang-undang. namun, menyia-nyiakannya jelas tidak ber-peri-pepohonan. mengapa tidak diganti saja dengan tiang stainless yang portable dan dapat digunakan setiap tahun. tapi, namanya bukan panjat pinang lagi dong. atau, ide ngawur dari tetangga sebelah: manfaatkan saja tiang yang ada seperti tiang telepon atau listrik. halah, bukannya dapat hadiah malah kesetrum. dasar tetangga ngeyel, masih dijawabnya pula: bikin aja khusus buat para pegawai pln. halah...

You Might Also Like

7 komentar

populer...