beli kambing di anjungan tunai mandiri

5:44 PM

dari jarak sekian meter, udara sekelilingnya sudah memberikan aroma yang khas. ya, menjelang hari raya qurban yang tahun ini jatuh tanggal 5 oktober, di pinggir jalan (atau tanah sedikit lapang) mulai banyak penjual hewan qurban. pilihannya kerbau, sapi, kambing atau domba (di negara lain bisa berupa unta atau biri-biri). dari tahun ke tahun pilihannya tidak berubah dan memang tidak boleh diganti dengan hewan lain. kalaupun ada yang berubah yaitu harganya. semakin mahal. (tidak mungkin juga semakin murah :D)

ngomongin kambing, eh, hewan kurban, bila saatnya 'parkir' dekat pelataran masjid, akan menjadi tontonan yang mengasyikkan buat para bocah. pagi hari atau menjelang sore, si kambing menjadi bahan tontonan. diberikan makan. mestinya makan rumput kan, tapi, namanya juga anak-anak. tanaman atau pohon-pohon sekitar masjidlah yang menjadi korban. tanpa rasa bersalah, helai demi helai daun (apapun jenisnya) dipetik si bocah dan dipindahkan ke sistem pencernaan sang kambing. 

cerita lain adalah seorang anak yang tak rela dombanya disembelih. beberapa hari menjelang hari 'h' anak ini selalu menyambangi dombanya. memberinya makan rumput tetangga :D saat idul adha tiba, melihat si domba digiring menuju tempat penyembelihan, si anak menangis meminta agar dombanya tidak disembelih. butuh waktu lumayan lama juga membujuknya untuk mengikhlaskan si qurban. 

nah, kapan beli hewannya dong? :D kalau anda suka dengan ritual tawar-menawar janganlah ragu-ragu lagi dan silakan bernegosiasi di pinggir jalan. pilihlah hewan yang memenuhi syarat, seperti tidak cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekornya harus utuh. serta telah cukup umur, yaitu sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun. jangan pula dilupakan haruslah yang berkelamin jantan. sebaiknya juga lakukan transaksi di siang hari agar anda dapat dengan jelas melihat hewan yang akan 'mengantarkan anda ke surga' ini.

pilihan lain kalau anda tak ingin rempong dengan aroma yang menyengat hidung, jangan takut tak bisa berkurban. banyak lembaga-lembaga keagamaan yang siap siaga membantu anda. kain rentang yang dipasang di pinggir jalan menginformasikan harga yang harus dibayar untuk seekor kambing atau sepertujuh sapi. anda juga tak perlu datang langsung ke kantor lembaga tersebut. anda juga tak perlu bertemu dengan si sapi atau domba. cukup angkat telepon, deal, bayar (lewat transfer bank) dan selesai. atau lewat daring alias online yang sekarang sedang marak. pokoknya terima bersih deh :) dan, satu lagi, kita harus yakin mereka akan menyalurkan qurban kepada yang berhak.

oh, ya, kalau anda pemegang kartu kredit (yang masih aktif tentunya), silakan beli dan bayarlah qurban dengan menggesek kartu plastik itu. hutang dong? sampai jatuh tempo akan termasuk hutang dan akan kena bunga bila anda tidak membayar lunas jumlah pembelian. bunga kan riba. masak berkurban dengan cara berhutang? berqurban itu kan sunnah muakad. kalau tidak mampu ya jangan dijadikan wajib. biarlah para pakar yang menentukan...

wallahu a’lam bish-shawab



   



 

You Might Also Like

0 komentar

populer...