akik (bukan aki-aki) cantik...

4:52 PM

DULU, hanya orang tua (maksudnya orang yang sudah tua atau sepuh) yang berurusan dengan batu permata atau akik. tapi sebelum cerita lebih panjang, apa sih yang dimaksud dengan batu pemata? menurut ini:

batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. 
jadi tidaklah aneh melihat orang (tua-tua) gosok-menggosok batu karena selain sebagai hobi juga menghasilkan uang. atau pernahkah anda melihat di jari tangan bertengger batu (bahkan bisa di lima jari. gak berat? ya pastinya berat karena ukurannya cukup besar) ya cuma para pinisepuh yang melakoni. tapi, kini, anak muda pun tak mau ketinggalan. (anak muda laki-laki ya, kalau yang wanita saia kok jarang melihatnya). bukan lagi jadi pemandangan langka anak muda bergabung bersama para orang tua, sama-sama serius memilih batu. seiring dengan maraknya para pecinta baru, penjual batu di kaki lima juga semakin banyak. penjual yang 'profesional' biasanya melengkapi dirinya dengan peranti di sebelah ini. alat sederhana yang dimodifikasi dari sepeda. di bagian ujung ada gerinda yang digunakan untuk membentuk serta menghaluskan batu yang masih mentah (berupa bongkahan kecil). kalau anda tidak terbiasa menggerinda janganlah mencoba-coba kecuali ingin batu mentah habis tak berbekas :D 

salah satu pusat penjualan batu cincin atau akik terbesar di jakarta yang moncer hingga ke mancanegara adalah Jakarta Gems Center (JGC) rawa bening, di jatinegara. di sini anda dapat menemukan batu apapun (kecuali batu kali untuk bangunan :D). bukan hanya pembeli eceran tapi pembeli 'grosiran' dari luar pulau juga berburu mata dagangannya di rawa bening. dan, yang tak kalah marak adalah penjualan daring atau online. 


bagi bukan pecinta batu-batuan, batu apapun nampak sama saja. mau yang mahal atau yang murah tidak ada bedannya. sekali batu tetaplah batu :D. namun, cobalah sesekali anda ngobrol dengan tukang batu bedakan dengan tukang bangunan atau pecinta batu maka ceritanya akan menjadi lain. mereka dapat bercerita panjang-lebar ibaratnya dari a sampai z :D ada batu yang konon dapat dipakai untuk memikat kaum wanita agar takluk kepada pemakainya hmmm untuk memperluas pergaulan, menjunjung derajat atau menangkal racun. dan, masih banyak lagi. tinggal berpulang pada anda, percaya atau tidak.

berapa sih harga sebuah batu akik? mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. puluhan juta untuk sebuah batu? iya dan ya :D kok bisa? untuk barang-barang seperti ini, harga menjadi kesepakatan bersama pembeli dan penjual. tak ada patokan harga tertinggi atau terendah sekian rupiah. sila lihat tautan sebagai gambaran.

anda berminat ikut-ikutan atau ikut memiliki batu akik, biar tidak terckecoh sebaiknya baca dulu yang ini. atau, tak usah ragu untuk bertanya dengan para pakar batu. selamat berbaturia.

You Might Also Like

7 komentar

populer...