happy hour yuk...

6:15 PM

bagi saya pribadi, angkot adalah tempat yang menarik. angkot penuh dengan aneka cerita. pun sarat berbagai kejadian. rupa-rupanya, ibunya nanda juga punya minat yang sama terhadap angkot. dalam perjalanan menuju rumah, ia merekam dialog dua anak sekolah menengah umum. sebuah percakapan biasa yang sungguh menarik. saya kutipkan di sini buat pembelajaran, terutama, bagi saya pribadi.

fulan 1: habis ujian kita happy hour yuk

fulan 2: wah... gak bisa gua

fulan 1: ya elo... kapan lagi bisa seneng-seneng

fulan 2: emang sih asik seneng-seneng… tapi mama gua…

fulan 1: kenapa mama lu mo ikut…

fulan 2: gila lu... gua gak bisa boong sama mama gua. kalo pulang sekolah gua mo pergi. mama gua pasti nanya. mo pergi kemana, perginya sama siapa, sampe jam berapa, nomor teleponnya berapa dan lain sebagainya...

fulan 1: jadi elo gak mo ikutan ni? terus lo mo ngapain?

fulan 2: ya di rumah aja... maen ps, baca buku… eh, emangnya elo bilang sama mama lo?

fulan 1: hmm... enggak...

fulan 2: jadi elo bohong...

kita tak perlu jawaban dari fulan 1 kan. semua sudah tahu apa yang akan dijawabnya. yang 'ajaib' buat saya adalah hare gene, di tengah begitu derasnya hantaman badai segala macam ketidakbaikan, alhamdulillah, masih ada anak macam fulan 2.

saya berpikir bagaimana caranya ortu fulan 2 mengajarkan atau menanamkan sikap untuk mematuhi apa kata ortunya. dan, saya melihatnya ini bukanlah beban bagi fulan 2. ia berani tampil beda ('ngiklan' banget ya :d) dari temannya itu.

mudah-mudahan, insya allah, anak itu 'tetap pada jalurnya'. dan, bagi kami serta para ortu lain diberikan kemudahan untuk memberikan yang terbaik kepada titipan-nya. amin.

You Might Also Like

9 komentar

populer...