taman surga di dunia...

9:45 PM

ada satu tempat lagi yang tak boleh dilewatkan di masjid nabawi yaitu raudah yang merupakan tempat di antara rumah rasulullah dan mimbar masjid. meski sekarang letaknya berdekatan dengan makam nabi, untuk bisa masuk ke dalamnya benar-benar perlu perjuangan fisik. badan kami dibandingkan dengan jemaah dari negara-negara lain jelas kalah.

apa yang menyebabkan semua jemaah berebutan ingin sholat di raudah? adalah sabda nabi yang berbunyi: ‘di antara rumahku dan mimbar masjid adalah taman surga.’ inilah taman surga yang ‘dipindahkan’ ke dunia. raudah juga merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa (selain multazam dan padang arafah). makanya tak heran setiap saat raudah selalu penuh sesak. setiap jemaah pasti ingin bersholat dan berdoa di sana. apalagi masjid nabawi tidak dibuka 24 jam seperti masjidil haram.

meski demikian selalu ada kiat untuk dapat memasuki raudah dan tentu saja dilandasi niat yang tulus kepada allah swt semata, insya allah kita dapat bersholat di sana. jam-jam menjelang tutup atau sekitar jam sepuluhan pagi hari biasanya raudah agak sepi sehingga kemungkinan untuk masuk lebih besar. dan, alhamdulillah, dengan dibantu pembimbing ibadah kami berhasil memasuki raudah. yang lebih lagi kami juga sempat sholat ashar di situ. subhanalah. alhamdulillah.

apa yang saya sebutkan di atas berlaku untuk jemaah pria. bagi jemaah wanita raudah hanya dibuka pada jam-jam tertentu yaitu pada waktu dhuha dan ba’da sholat dhuhur. meski waktunya lebih sedikit tapi tidak bercampur-baur dengan jemaah pria sehingga jemaah wanita tidak perlu rebutan dengan kaum pria. dan, tidak seperti di masjidil haram jemaah bercampur baur, di mesjid nabi pria dan wanita dipisahkan bahkan pintu masuknya juga dipisah.

bagi pasutri alias pasangan suami istri pintu masuk yang berbeda agak merepotkan. saat masuk tidak menjadi masalah karena pasutri itu langsung ‘berpisah’ untuk sholat. ketika keluar jadilah tunggu-menunggu. jadi pemandangan lumrah kalau ada suami menunggu istri atau sebaliknya. tapi akan jadi kacau manakala sang suami sudah lama menungu di ‘check point’ yang ditentukan bersama namun sang istri tak muncul-muncul. setelah celingak sana dan celinguk sini, sang istri tercinta muncul dengan dua tentengan tas kresek di tangan kiri dan kanan…

You Might Also Like

8 komentar

populer...