mickey dan mini juga ikutan...

5:01 PM

angpaoramalan bmg yang menyebutkan bahwa saat imlek akan hujan lebat cukup untuk membuat para korban banjir (yang masih berkutat untuk membersihkan rumahnya) keder. alhamdulillah meski hari minggu kemarin, 18 februari 2007, yang bertepatan dengan hari raya imlek atau sering disebut sebagai tahun baru china, hujan turun namun tidaklah merata.

sering juga imlek diidentikkan dengan akan berakhirnya hujan. "kalau udah imlek sih gak bakalan hujan gede lagi deh," begini kira-kira komentar orang-orang. padahal kalau menurut pelajaran ilmu bumi waktu sd dulu musim hujan 'kan berakhirnya bulan maret. coba juga lihat situs bmg yang suka ramal-meramal cuaca itu.

angapao-jugaimlek yang aslinya merupakan perayaan para petani di china dirayakan juga di indonesia. karena mengadopsi dari china maka aksesorisnya tentu diusahakan sama. padahal di indonesia tidak mengenal musim semi (yang ada 'kan musim hujan dan kemarau ya :). jadi kalau kurang pas harap maklum adanya. (hal yang sama juga terlihat saat perayaan natal. dimana pohon cemara yang pajangan dari plastik itu berwarna putih karena dihujani salju. padahal salju di indonesia kan...)

terlepas dari itu semua, dari tahun ke tahun, imlek agaknya mengalami perubahan. dan, lagi-lagi, ia dipengaruhi oleh (otak bisnis) para pedagang. kebetulan sekali valentine day berdekatan dengan imlek maka dibikinlah acara yang dihubung-hubungkan dengan dua aktifitas yang sebenarnya tak ada hubungannya itu. bagi yang masih menganut agama leluhur imlek tahun ini yang merupakan awal tahun babi api tentu masih dirayakan di vihara atau kelenteng. sementara bagi mereka yang tidak lagi berpaham agama leluhur, imlek akhirnya menjadi reuni keluarga. anak-anak berkumpul di rumah orang tua atau yang dituakan. acaranya (biasanya) makan-makan. dan, bagi-bagi angpao untuk mereka yang belum berkeluarga.

tahun ini saya menemukan angpao yang beda dari biasanya. entah tahun kemarin mungkin sudah ada tapi saya belum melihatnya. mickey dan mini rupanya juga ikut lebaran cina. tahun depan, boleh jadi, akan ada angpao yang bernuansakan indonesia. memakai ilustrasi wayang, misalnya? selamat imlek bagi yang merayakannya.

You Might Also Like

5 komentar

populer...