semua menuju arafah...

7:20 PM

seusai kegiatan di madinah acara selanjutnya adalah wukuf di padang arafah yang merupakan puncak ibadah haji yang jatuh pada tanggal 9 dzulhijah. namun kami harus transit terlebih dahulu di asisiyah, yang masih termasuk kawasan mekah. disini kami ditempatkan di apartemen. namun jangan membayangkan apartemen seperti yang diiklankan di suratkabar itu. dari luar memang nampak mewah. lift-nya pun gress pisan, sampai-sampai plastik penutup pintunyapun belum di’kletek’in.

itulah kesan pertama dan kenyataannya adalah: sebuah kamar besar yang dibagi lagi atas 2 kamar kecil dengan kapasitas masing-masing 8 orang, satu ruang tamu (kosong belaka tanpa meubel) dan satu kamar mandi. koq begini ya. koq apartemen seperti ini sih. itu, mungkin, yang muncul dalam benak para jemaah. tapi sebenarnya inilah tempat berlatih sebelum mabit atau bermalam di tenda saat di arafah dan mina. di apartemen satu kamar mandi untuk 16 orang, jadi kami dapat mereka-reka waktu yang diperlukan untuk menggunakannya. sekaligus (belajar) berbagi dengan sesama.

akhirnya saat yang dinanti-nantikan tiba jua. delapan dzulhijah malam kami berangkat menuju padang arafah. oh, ya, ada yang terlupa. karena 9 dzulhijah jatuh pada hari jumat berarti haji akbar. subhanalah. apa dan bagaimana haji akbar? wallahu alam bi’shawab. hanya allah swt yang mengetahui. sebagai catatan saja, hari yang paling baik dalam satu tahun adalah hari arafah dan hari yang paling baik dalam satu minggu adalah hari jumat. manakala keduanya bertemu jadilah ia haji akbar. dan, ada konsekuensi dari haji akbar ini.

pada haji biasa jumlah jemaah dapat mencapai empat hingga lima juta orang. sedangkan pada haji akbar enam sampai tujuh juta jemaah yang ada. tak terbayangkan orang sebanyak itu tumplek-blek pada saat yang bersamaan. semuanya berkumpul di padang arafah. karena haji itu adalah wukuf di arafah, begitu sabda nabi muhammad saw. terlepas dari segala kekurangan yang ada, jemaah sebanyak itu mampu ditampung di arafah. allahu akbar.

You Might Also Like

0 komentar

populer...