refill, ngotot dulu dong...

1:15 PM

dikarenakan adanya bse mau tak mau saya harus membeli tinta printer. penginnya sih beli tinta asli sesuai merek printer. tapi demi menghemat dan juga ikut-ikutan kampanye global warming menyelamatkan bumi, pilihan jatuh pada tinta isi ulang. ini sejalan juga dengan We've got to learn//to Reduce, Reuse, Recycle. alhamdulillah gerai isi ulang mudah dijangkau.

tinta sudah di rumah tapi belum diinstall. nanda sudah menanyakan kapan mau diprint-out bse-nya. tinta dipasang. mencoba mencetak. test print sukses. diteruskan dengan bse. bisa. tapi karena printer bubble jet hasil cetakan bulak-balik akan kelihatan cetakan halaman belakangnya. wah, kalau 200 halaman repot juga nih. tapi mencetak diteruskan sambil menguji tinta refill.

sampai pada halaman ke-sekian, loh, warnanya kok jadi aneh. merah jadinya biru. kuning jadinya hijau. wah, mulai curiga dengan si-isi-ulang. mulai kesel juga. mulai bimbang: lagian mau murah sih. ah, jangan putus asa dulu. sikap sok tahu muncul lagi kan ada fasilitas maintenance di printer. lakukan head cleaning. satu kali belum cukup. ulangi. deep cleaning. selesai. dan, hasilnya tetap error.

kecurigaan terhadap refill semakin besar jadinya. telepon ke oulet. bawa saja ke sini, kata petugasnya. sesampainya di gerai begini ceritanya...
- ini tinta yang kemarin saya beli, kok warna merahnya gak keluar
= tutupnya dibuka nggak pak waktu dipasang?
- kalo gak dibuka gak bisa dipasang kale (agak kesel, ditahan-tahan wong mau minta ganti baru :d)
= petugas lain, setelah melihat-lihat, waktu beli sudah begini ya pak?
- wah saya gak perhatiin
= ini tintanya sudah nyampur pak, warna merahnya kecampur biru
- kok bisa gitu? awalnya bagus kok gak ada masalah
= di printer itu ada yang namanya bak tinta, nah semua tinta jatuh ke situ sebelum ngeprint. mungkin di bak tintanya penuh warna biru pak
- bertahan, loh waktu pertama di tes bagus kok. ngeprint warna gak masalah
= sama bertahan, bapak bawa dulu ke sini printerya kita liatin bener gak bak tintanya penuh
- ngebayangin repotnya menggendong printer dalam keadaan horizontal gak boleh miring kiri dan kanan, hari ini sampai jam berapa?
= sampai jam 5 karena hari libur, besok sampai jam 9 malem pak...
- masalah besok saya kerja...
para petugas berembuk... saya berharap mendapatkan pergantian...
= gini deh pak ini kita bersihin dulu terus kita isi ulang
- oh gitu...

sambil menunggu refill, saya bertanya-tanya. bahwa yang namanya bak tinta gak bisa kering karena posisinya tertutup. solusinya dibawa ke tukang servis. halah, kebayang lagi gendong-gendong printer. tapi jangan bilang diservis nanti mahal ongkosnya, minta dibersihin aja bak tintanya. saya hanya manggut-manggut mengiyakan. selesai refill si bapak mengembalikan dua cartridge sambil berpesan: ini bapak pakai dulu. kalau nanti nanti hasil cetakannya salah berarti bener bak tintanya kotor.

sambil jalan pulang di angkot mikir bagaimana cara mengatasi si printer. cara paling mudah adalah bawa ke tukang servis. tapi rasa penasaran ngebenerin sendiri masih ada. apalagi di kantor pernah ngalamin hasil cetak yang salah. mencoba adalah lebih baik daripada tidak. dan, risiko tentunya ditanggung sendiri, semisal, kesetrum, korsleting dan lain sebagainya.

bermodalkan tisu dan cotton bud saya mulai mengoperasi si printer. mencari-cari dimana letaknya bak tinta. kata si penjual refill adanya di sebelah kanan. ambil senter. sebelah kanan ada tumpahan tinta biru. dan ada semacam bak stempel. kayaknya ini dia bak tinta. tempelin aja tisu dan tinta biru terserap. berkali-kali sampai habis. (ternyata perkiraan si petugas benar adanya. artinya kesalahan ada pada pemilik printer.)

lantas dites lagi si printer. alhamdulillah berhasil. malahan tinta lama yang nampaknya sudah mengering bisa dipakai lagi. nanda pun menanyakan kapan ngeprint lagi. ah, nanti dululah nak, mencetak 200 halaman tentu butuh waktu lumayan lama... moral of the story: ngototlah meski salah. paling-paling berantem :d. gak deng. jangan lakukan itu. bertanya pada ahlinya tentu lebih baik. kecuali anda senang dengan hal-hal baru...

You Might Also Like

4 komentar

populer...