kalibata...

5:10 AM

lampu merah pertigaan kalibata. di hari-hari kerja lokasi ini acap mengalami kemacetan. baik dari arah pancoran, pasar minggu maupun kalibata. dan, saya mau tak mau harus menikmatinya karena inilah jalur transportasi yang saya tempuh setiap hari. biasanya ada dua atau tiga orang polisi yang berjaga di sini. malah kadang ketambahan pm alias polisi militer bila ada acara di taman makam pahlawan (ini kan kepanjangan tmp ya?).

kemarin di tempat yang sama, seperti biasa antrean ke arah pancoran cukup panjang. dan, bisa lebih panjang kalau ada pak polisi yang berjaga. apa pasal? karena beliau (yang bukan polisi lalu lintas ini) dapat dengan mudah memberhentikan kendaraan yang datang dari arah pasar minggu meski lampu masih menyala hijau. yang mendapatkan prioritas adalah yang dari arah kalibata.

masih kemarin, mentari belum terik menyengat, sekitar pulul delapanan. di tengah kemacetan itu suara sirene tiba-tiba menyeruak ke gendang telinga. ah, paling juga ambulans, saya membatin. lihat ke kanan dan belakang tak ada kendaraannya. menengok ke arah kalibata. rupanya suara itu berasal dari motor bm (meminjam istilah awak angkutan umum). ya sebuah motor gede yang dikendarai polisi lalu lintas (yang kebetulan juga berbadan gede :d).

agak kebingungan juga ia ketika harus ke arah pancoran. akhirnya ia menuju ke arah pasar minggu kemudian berbalik arah melawan arus. emangnya boleh? boleh dong, ia kan sedang mengawal sebuah toyota lexus (bernomor b sekian sekian dengan abjad akhir bs). lalu diparkirnya motor itu di tengah jalan untuk menghentikan kendaraan dari arah pancoran. diaturnya agar kendaraan lain untuk segera melaju agar tak menghalangi si leysus, eh, lexus. ketika lexus berlalu sang polantas juga melaju. ditinggalkannya begitu saja. terserah saja dengan kemacetan baru yang diciptakan. yang penting kawalannya meluncur mulus.

kalau saya tak salah ingat, ada peraturan yang memrioritaskan kendaraan mana saja yang bisa menggunakan kawalan serta harus diberi jalan terlebih dahulu. seperti mobil ambulans atau mobil jenazah. tapi, kenyataan yang ada adalah sirene boleh menguing-nguing dan tak ada yang mau memberikan jalan. ironis.

You Might Also Like

6 komentar

populer...