ada yang gratisan...

11:51 AM

bulan ramadhan sudah memasuki hari yang ke empat. badan atau fisik pun (mestinya) sudah semakin 'menyatu' dengan suasana yang baru. hanya saja bagi saya pribadi yang susah ditahan adalah kantuknya. kalau lapar dan dahaga 'kan memang sudah 'aturannya' harus ditahan.

apa yang tidak berbeda dari tahun ke tahun mengenai ramadhan adalah ia dimulai saat subuh dan berakhir saat matahari tergelincir atau magrib. hukumnya adalah wajib bagi yang sudah baliq... dan seterusnya dan sebagainya :d. tahun ini saya melihat begitu banyak kain rentang ucapan selamat menunaikan ibadah ramadhan. yang paling banyak dari partai-partai politik. (barangkali sudah mendekati pemilu 2009 ya? jadi partai-partai itu memperkenalkan dirinya. :d)

diantara berbagai kain rentang yang dipasang, ada satu yang menarik perhatian saya. karena ia berbeda dengan yang lain. ia mengingatkan untuk beritikaf di sepuluh hari terakhir puasa ramadhan. oh, ya, kain rentang ini dipasang di depan sebuah spbu atau pom bensin di daerah pancoran, jakarta selatan. menariknya adalah dengan beritikaf di masjid kompleks triloka itu anda berkesempatan menunaikan ibadah umroh 1428 h gratis!

apa dan bagaimana caranya hingga bisa umroh gratis adalah urusan dkm masjid yang bersangkutan. yang jadi pertanyaan adalah untuk apa kita beritikaf? setiap orang tentu mempunyai jawaban masing-masing. dan, ini adalah ibadah yang mengharap ridho allah semata. jadi, perlukah ia diiming-imingi umroh gratis?

jangan sampai dan mudah-mudahan tidak ada jamaah yang berlomba-lomba beritikaf di situ hanya karena ada yang gratisan. wallahu alam bi'shawab.

You Might Also Like

3 komentar

populer...