install ulang saja pak...

5:25 PM

ada teman yang bercerita (sambil mengeluh) bahwa hape-nya meski dalam keadaan silent tapi waktu dipakai memotret tetap bunyi ceklak. (alias tidak dapat dijadikan hidden camera. kok niatnya gini ya? sudahlah itu kan urusan dia pribadi). sementara teman lain yang memiliki jenis dan merek hape yang sama tidak mengalami 'ceklak'.

saran saya kepada teman itu adalah: "update dong firmware-nya," saya. "emang itu urusan sofwer?" ceklak. "yang saya baca dari internet sih gitu," saya. "halah, aku kan gap-tek," ceklak

itulah jawaban paling mudah. padahal kalau mau sedikit bersusah-payah masalah 'ceklak' bisa diatasi. betapa tidak! di kantornya ada saluran internet dengan koneksi broadband. ia juga punya kabel data untuk mengsinkronisasikan (salah satu kegunaannya) hapenya dengan pc. untuk mencari firmware yang dibutuhkan kalau tidak tahu kan bisa minta tolong mesin ini. masih kurang juga? tanya sama tetangga yang mempunyai hape sejenis. atau, jangan ragu-ragu dan sungkan, hubungi call center si hape.

tapi menghubungi call center belum tentu mengatasi masalah anda. seperti yang pernah saya alami... saya ingin meng-update firmware. yang paling gampang ya datang langsung ke service centre. tapi waktunya yang rada susah. (masa sih kudu telat masuk kantor gara-gara updet itu). pilihan berikut adalah sambangi situs hape itu.

mengapa harus di situs resmi?
di sini kita dapat memperoleh software/firmware yang resmi dan bebas virus. loh, kan ada forum lain. memang sih banyak milis atau forum yang dikelola oleh para pemilik hape. di sini banyak bertebaran 'tips and tricks'. juga software sejenis pc suite yang kadang lebih canggih dari pc suite buatan resmi hape-nya. di salah satu forum malah ada trik buat mengubah se k-750 menjadi w800. tapi, berhati-hatilah salah-salah garansi hape anda hilang tak berbekas karena menggunakan software bukan aslinya.

seus. inilah yang saya butuhkan. filenya lumayan besar. alhamdulillah koneksi internet broadband. tinggal klik dan tinggalkan dia jalan sendiri :d. setelah di-install dan sesuai petunjuk yang ada saya mulai mencoba perangkat lunak itu. coba pertama tidak berhasil. kedua kali gagal. ketiga, ah, nanya aja ke call center.

setelah basa-basi, saya langsung ke akar masalah. "kenapa ya saya tidak bisa melakukan update lewat internet?" jawab si mbak: tunggu sebentar ya pak. lanjut:
bapak internet dari mana? jujur saya jawab dari kantor. si mbak: bapak sudah mengikuti petunjuk yang ada? saya: ya sudah, tapi gak bisa. si mbak: tungu sebentar ya pak. lanjut: bapak donlod seus-nya dari situs resmi kan. saya: iya dong mbak. si mbak: tunggu sebentar ya pak. lanjut: coba pak add hardware. saya: ini udah kebaca kok hapenya sama komputer. si mbak: coba bapak lihat device managernya ada gak... bla-bla-bla... tunggu sebentar ya pak. saran terakhir si mbak: bapak un-install dulu aja software-nya setelah itu install lagi.

kalau saya tahu dengan pasti bahwa sarannya adalah 'uninstall' tentunya saya tak perlu repot-repot menelepon call center. dan, yang juga membingungkan sekaligus mengesalkan adalah mengapa sih tidak menaruh orang yang benar-benar berkompeten di garda depan ini? kalau sang support mempunyai pengetahuan produk tentu saya tidak akan mendapatkan pernyataan: tunggu sebentar ya pak.

mudah-mudah-an saja anda tidak mengalami hal serupa. meski mengalami kejadian tak enak ini, di lain waktu saya tetap akan call ke call center. karena sebelum-sebelumnya saya mendapatkan semua jawaban atas semua pertanyaan yang ada.

You Might Also Like

3 komentar

populer...