bulan penuh diskon...

4:55 AM


...ini dia bulan penuh diskon ada segala macam mumpung lagi ada kesempatan terbatas...
tanpa dirasa-rasa. tanpa dihitung-hitung. dan, memang tak perlu. hari ini shaum di bulan ramadhan 1427 h sudah memasuki hari yang ke-12. banyak amalan yang dianjurkan
untuk dijalankan. semisal tadarusan.

sholat malam selain tarawih.
dan, yang lain-lainnya. namun, beraneka anjuran yang pada hakekatnya untuk mendekatkan diri dengan sang khalik harus berebut perhatian dengan tawaran-tawaran duniawi lainnya yang tak kalah agresif.


tanpa disadari, naluri bisnis ditambah pengamatan yang jeli dari para pengusaha, membuat bulan ramadhan menjadi bulan yang 'istimewa'. (istimewa di mata pebisnis tentu beda di mata para ulama). dibuatlah berbagai acara atau kegiatan yang bernafaskan ramadhan. seolah-olah ini adalah bagian dari bulan yang hanya datang sekali dalam setahun itu. maka bertaburanlah aneka tawaran dengan berbagai imin-iming dan dikait(kait)kan dengan ramadhan.

ada yang namanya 'bazaar ramadhan', ada juga 'paket ramadhan'. pun 'diskon ramadhan'. serta 'berkah ramadhan'. tawaran untuk memperbanyak 'amal' ini datang dari, antara lain, institusi pendidikan, pasar swalayan, bank, foodcourt dan banyak lagi lainnya. mulai dari kain rentang, billboard, umbul-umbul, iklan di teve dan radio ikut mendukung program yang sebenernya bisnis semata dan pastinya untuk mencari keuntungan. dan, tanpa disadari (lagi) bisa jadi kegiatan duniawi ini diamini. alias disetujui.

kalau sudah begini, ramadhan akan mendapatkan tambahan sebutan sebagai 'bulan penuh diskon'. wallahu alam bi'shawab.

You Might Also Like

4 komentar

populer...