jangan lupa yang ini ya...

7:30 PM

hari ini hari kamis, 12 oktober 2006, puasa ramadan sudah di hari yang ke sembilan belas dan nanti malam adalah tarawih malam ke duapuluh. setengah bulan lebih berlalu. apakah yang sudah didapat? tentunya berpulang ke pribadi masing-masing. yang pasti kita semakin dekat ke idul fitri

semakin dekat ke hari kemenangan biasanya sih te-ha-er sudah turun. (kalau belum, tanyakan ke hrd, mungkin dia lupa :d). suasana jalan pun seharusnya sudah semakin sepi. namun kok ya masih cet-macet. pagi hari ya masih macet. sore menjelang jam berbuka, duh macetnya lumayan panjang. namun, ada hikmahnya juga sih.

sambil macet kita bisa menikmati pemandangan di kiri-kanan jalan. yang banyak sih kain rentang alias spanduk. ada yang mengajak kita untuk menjadi konsumtif. ada juga yang mengarahkan kita atau mengingatkan kita untuk tidak melupakan ber
zakat.

secara sederhana menghitung zakat tidaklah sulit. untuk zakat fitrah ketentuannya sangat jelas yaitu tiga setengah liter beras atau uang yang setara itu. biasanya sih dewan kemakmuran mesjid setempat sudah memberikan patokan besarannya. tapi kalau kita merasa itu tidak sesuai dengan beras yang kita konsumsi sehari-hari, silakan saja kalikan dengan harga beras yang anda beli.

sementara untuk zakat yang diluar zakat fitrah -- misal zakat profesi, usaha, investasi, perhiasan, simpanan, undian -- tentu ada ukurannya sendiri. untuk zakat profesi secara umum kalau sudah masuk nizab yaitu 85 gram emas, ya harus dizakatkan. hanya saja ada yang menghitung dari penghasilan kotor ada juga yang dari penghasilan bersih.

masih bingung untuk menghitungnya? silakan tengok
dompet dhuafa atau pkpu boleh juga klik rumah zakat. pada situs terakhir ini kita bisa juga mengunduh kalkulator zakat selain chatting lewat ym dengan konsultan yang sedang online. (saya sudah membuktikan semua pertanyaan dijawab kok).

banyaknya lembaga yang mengurus zakat tentu memudahkan kita untuk menunaikan kewajiban ini. bahkan untuk jumlah tertentu mereka akan 'menjemput' zakat anda. dan, zakat lewat sms pun sekarang sudah bisa dilakukan. dengan banyak cara dan pilihan, semoga yang satu ini tidak terlupakan. sebab seperti kata h.r. tirmidzi: tidak akan berkurang kekayaan karena zakat. wallahu alam bi'shawab.

You Might Also Like

3 komentar

populer...