mocin berkaki empat...

2:10 PM

kiu-kiu

barangkali anda pernah mendengar nama beijing, dast, garuda atau jailing. tapi apakah anda kenal dengan sundiro? kalau tak kenal memang tak menjadi masalah. sayapun tak kenal dengan sundiro :d namun pada masanya, sundiro merupakan salah satu dari 60 merek motor cina alias mocin. serbuan mocin pada awal-awalnya sangat agresif. tapi pada akhirnya seleksi alam juga yang berlaku. kurangnya, kalau tak ingin disebut tak ada, layanan purna jual membuat mocin akhirnya tinggal beberapa merek saja.

setelah era mocin berlalu, di negeri kita tercinta ini, mulai masuk ‘mocin’ juga. namun yang satu ini berkaki empat alias mobil cina. cobalah tengok gambar yang ada. sekilas ia mirip dengan mobil yang mungkin sering anda di jalan, yaitu spark buatan gm. kemiripan ini pernah membuat gm menuduh chery pembuat mobil qq sebagai ‘pencuri’. beritanya bisa disimak di sini dan sangkalannya di sini.

surat kabar yang satu ini menggambarkan mobil dari negeri yang terkenal dengan ‘tembok besar’nya itu sebagai “Bibirnya seakan selalu tersenyum. Matanya bulat, putih, berbinar. Wajahnya merah merona ceria.” kini ‘sang tersayang’ itu sudah hadir di jakarta. mobil bermesin dibawah 1000cc ini menempuh jakarta-bandung pulang pergi 35 liter saja.

di jaman harga bbm yang melangit seperti saat ini, menggunakan qq (kiu-kiu) sangat menguntungkan. harganya juga terbilang murah. tapi, membeli mobil tentunya bukan sekadar hemat bbm kan. banyak faktor yang dijadikan bahan pertimbangan. masalah layanan purna jual, misalnya. atau ketersediaan suku cadang. mudah-mudahan saja, nasib kiu-kiu tidak seperti motor-motor cina yang kini hanya tinggal beberapa nama. apalagi perusahaan yang mengimpornya dari cina sudah menjanjikan untuk memberikan yang terbaik.

setelah kiu-kiu mungkin akan masuk juga mobil-mobil cina lainnya. jadi siap-siaplah diserbu mobil cina lagi ya :d. tinggal sang waktu yang akan membuktikan, apakah mobil cina memang setangguh mobil korea atau jepang yang sudah lebih dulu tampil di Indonesia.

You Might Also Like

4 komentar

populer...