pisang bakar jadi-jadian...

1:21 PM

"bu, pisangnya digoreng aja ya," kata nanda saat melihat sesisir pisang uli tergeletak di meja makan.

"wah, kalau digoreng lama. aku lagi sibuk nih," jawab ibunya.

"itu bu, yang kayak ayah bikin kemaren," sambung nanda lagi.

bapaknya yang lagi asyik merapel koran pura-pura tidak mendengar. "yah, sudah minta tolong sama ayah," saran ibunya. alamat kerjaan ini, kata saya membatin. mulailah nanda merayu minta dibuatkan pisang goreng. sejatinya sih bukanlah pisang goreng tapi pisang bakar jadi-jadian. kebetulan saja penggorengan atau wajan anti lengket yang saya jadikan sarana untuk 'memasak' pisang itu.

"dikukus aja deh mas pisangnya," kilah saya untuk menghindar dari urusan dapur itu. "kalo dikukus kan lama yah," tangkisnya. saya masih ngeles lagi biar gak ke dapur. "ayo dong yah, kapan lagi berbuat baik sama anaknya," rayuan maut mulai keluar. nah, mau tidak mau harus jadi nih pisang bakar. "ok deh, tapi nanti abis kita ashar di mesjid ya," jawab saya.

sekembalinya dari masjid, janji langsung ditagih. ke dapurlah saya. pisang uli pun dikupas dan dibelah dua. wajan dipanaskan dengan minyak zaitun sebagai alas 'membakar'. setelah wajan panas, sang pisang mendarat di atasnya. dibulak-balik supaya tidak gosong lalu diangkat. diolesi mentega dan ditaburi mesyes. hmmm, jadinya seperti di gambar itu. yummy.

'membakarnya' bisa juga menggunakan mentega, hanya saja jadinya asin, kata nanda. kalau mau lebih 'meriah' lagi bisa diimbuh dengan keju parut dan susu kental manis. tapi mesyes juga okelah. jenis jadi-jadi-an yang lain adalah nasi dan puyunghai. kali berikut mudah-mudahan ada 'jadi-jadi-an' yang lain :)

You Might Also Like

5 komentar

populer...