jendela-nya asli atau aspal...

5:20 PM

punya rencana jalan-jalan mengisi liburan? bepergian ke luar kota atau mancanegara dengan pesawat terbang? mungkin juga membawa komputer jinjing alias labtob? biar gampang kalau ingin ngedit foto atau ngeblog. nah, sebaiknya periksalah dengan seksama os alias operating system yang tertanam di dalamnya. kalau yang diinstall adalah sistem operasi bebas alias open source silakan tenang-tenang saja. (sekadar catatan, linux yang merupakan os open source gratis sekarang ini tampilannya sudah seperti 'jendela'. bahkan ubuntu dengan tampilan yang kinclong bisa diinstall dan uninstall dari dalam 'jendela' seperti layaknya kita menginstal peranti lunak. instalasinya pun mudah. lengkap juga dengan berbagai aplikasi kantoran, ceting, player musik dan video. atau kalau mau sekadar cucimata, gunakan saja livecd-nya dan ubuntu berfungsi).

tapi kalau yang diinstal adalah kepunyaan
bill gates, sebaiknya anda berhati-hatilah. amati dengan seksama apakah 'jendela' yang dipasang di jerohan komputer anda asli atau aspal. kalau genuine dengan nomor seri yang hanya ada satu, selamatlah anda. namun, kalau itu didapat dari 'mangdu' atau kopian atau bagaimanapun caranya didapat bersiap-siaplah merogoh kocek dalam-dalam.

simak beritanya di sini. sayangnya di situ tidak dilaporkan dengan jelas apakah yang diperiksa hanya piranti lunak os atau seluruh sofwer yang ada di komputer. dugaan saya, yang belum tentu benar, yang dicermati adalah os-nya. seperti pernah dialami seorang teman saat mendarat di bandara yogyakarta. untungnya kompi jinjing yang dia bawah dilengkapi dengan os yang asli bawaan saat membelinya. jadi tak ada masalah.

nah, sudah siap berdarmawisata? lengkapi dulu kompi anda dengan geunine software. atau tinggalkan saja labtob anda di rumah. toh masih ada hape dengan koneksi 3,5g yang bisa menghubungkan anda dengan dunia maya. mau cek e-mail atau nge-blog sekalipun tak ada masalah (paling bayar pulsa :d). atau, kalau tujuan anda murni liburan kenapa harus direpotkan dengan segala tetek bengek seperti itu. ya toh...

update: menurut detik, pemeriksaan dilakukan secara acak. nah, kalo gini spekulasi alias untung-untung-an. bisa juga lapi anda yang kena. masih menurut detik "pemeriksaan itu juga tidak bermaksud memeriksa software bajakan dan gambar porno." terus yang diperiksa apaan dong pak? tambahan atau bantahan? dari kompas, kok pihak angkasa pura membantah ada razia. terus pihak kepolosian bandara juga membantah melakukan razia. waduh, siapa yang mau dipercaya kalau seperti ini. (akan halnya cerita teman saya di atas benar adanya karena dia mengalami langsung).

You Might Also Like

4 komentar

populer...