berburu barbeku...

5:50 PM

sepedaanda suka barbekyu alias daging panggang? kalau saya sih sudah mulai mengurangi yang satu ini. bukan apa-apa sih, soalnya tensi saya lumayan 'sensi'. daripada tensi melonjak lebih baik mengunyah buah-buahan dan sayur-sayuran :d. tapi ada juga barbekyu yang lain yaitu barbeku. yang satu ini tidak dipanggang tapi dijemur di pinggir jalan. persisnya di trotoar jalan raya. tepatnya di sepanjang jalan yang terkenal dengan nama pasar rumput.

lokasi ini mudah dicapai dan ditemukan. kalau naik metro mini ambilah rute ke terminal manggarai. turunlah sebelum si oranye itu berbelok ke kanan arah terminal. naek taksi ya tinggal bilang sama supirnya. oh, ya, barbeku yang saya maksud adalah barang bekas berkualitas. barang bekasnya tak perlu lagi dijelaskan. soal berkualitas ya tentu saja kualitas barang bekas. namun sepintas melihat dengan mata telanjang, dijamin anda akan menerka itu barang baru.

apa yang bisa didapat di sana? anda mencari apa? (kok malah balik bertanya ya :d). di paling depan ada toko keramik. yang ini tidak bekas tapi terkenal dengan sebutan kw alias kualitas. bisa kw 1, 2 atau 3. semakin tinggi nilai semakin berkurang kualitasnya. seperti warna yang tidak sama atau ukurannya yang bisa berbeda satu sampai dua mili per keramik.

maju sedikit masih seputaran saniter. ada kloset duduk maupun jongkok. yang ini jelas bekas. tapi sepintas kelihatan baru. anda bisa melihat proses 'pembaharuan' barang lama di situ. dari kloset atau wastafel yang sudah kekuningan dipermak jadi baru lagi. ada bathtub juga loh kalau anda berminat.

selain itu, ada sepatu kulit maupun olahraga. kereta dorong bayi, kursi roda, kruk, raket, sepeda, mesin tik manual dan listrik. serbaneka ya. kembali ke soal kualitas tentu saja anda harus pintar-pintar melihat barangnya. tak ada salahnya mengajak teman atau siapapun yang tahu barang. artinya ia mengerti betul mutu barang itu.

dan, soal harga, pintar-pintarlah menawar. sebagai patokan, harganya tentu tak boleh melebihi barang baru. kalau anda pintar menawar, tahu barang dan beruntung, bukan tak mungkin anda memperoleh barang yang bagus dengan harga murah. selamat berburu barang bekas yang bagi sebagian orang mungkin alergi memakainya. padahal di mancanegara ada yang namanya garage sale dan ini barang bekas adanya.

You Might Also Like

7 komentar

populer...