pinjam usb-nya dong...

9:10 PM

usb

kalimat-kalimat seperti ini: "bawa usb gak lo?" atau "usb-nya berapa mb?" atau "pake usb aja", kian hari makin bertambah sering kita dengar. dan, mendengar itu kita kok mengerti ya. padahal, yang namanya 'usb' itu jelas-jelas 'nyantol' atau ada di cpu. usb atau universal serial bus itu kan, pakai bahasa awam: colokan atau perangkat penghubung untuk beragam peralatan. bisa kamera, telepon genggam atau yang lainnya. atau seperti gambar di sebelah ini yang disebut sebagai flash drive.

benda ini pada awal-awal keluar harganya masih mahal. bentuknya pun masih kotak. namun demikian sempat menjadi salah satu ikon bergengsi. (atau untuk gengsi-gengsi-an.) dapat mengkalungkan flash drive rasanya gimana gitu loh. mungkin seperti ini yang ada di benak pemakai flash drive dulu. tapi sekarang harganya semakin murah-meriah dan kapasitasnya juga semakin membengkak (ada yang hingga 4gb). bentuknya pun tidak kaku lagi, semisal disini, yang lucu-lucu.

dibandingkan dengan penyimpan data sementara jaman baheula, macam disket, flash sangatlah praktis. juga lebih aman. nah, lebih rinci tentang flah drive dibandingkan dengan media penyimpan data lainnya, silakan klik ini. oh, ya, sekalian saja baca panduan memilih flash drive yang bagus.

jadi kalau berminat membeli flash drive, janganlah berpatokan hanya karena harga yang murah. tanya-tanyalah dengan teman yang sudah lebih dulu menggunakannya. belajar dari pengalaman orang lain harganya lebih murah daripada membuat kesalahan sendiri. beli juga sesuai dengan kebutuhan. kalau memang tak butuh lebih baik membeli kalung emas yang bisa memperindah leher anda :). (sampai posting-an ini saya tulis saya masih menggunakan yang 512mb. ini rasanya masih cukup buat saya. meski pengin juga membeli yang isinya lebih besar. praktis buat mengkopi data dari kantor ke rumah atau saat di klien)

terakhir, jangan sembarangan meminjamkan flash drive anda. jangan juga memasukan sembarang flash drive ke usb komputer anda. ingatlah, benda imut ini mudah sekali dijangkiti virus. kalau pc anda tidak dilengkapi dengan anti virus atau data anti virusnya tidak pernah diperbaharui janganlah mengambil resiko.

You Might Also Like

5 komentar

populer...