positif atau negatif...

7:45 PM

banyak membaca pengetahuan akan bertambah. tidak membaca bagai katak dalam tempurung. benar tidaknya perumpaan tersebut, coba kita kaitkan dengan cerita berikut. kutipan di bawah ini adalah benar adanya. ia tidak mengandung rekayasa apa pun. dalam arti bukanlah khayalan atau fiksi yang dibuat-buat. nama-nama seperti biasa hanya disebut fulan demi untuk menghormati mereka:
cerita ini berhubungan dengan seorang guru yang baru saja mempunyai anak pertama. di depan kelas sang guru mengabarkan kabar gembira kelahiran putra pertamanya. ia ingin berbagi kebahagiaan dengan para muridnya. 'telah lahir jagoan saya, berat sekian kilo, panjang sekian centimenter. hamdalah dilantunkan demi kabar menyenangkan ini. pertanyaan demi pertanyaan diberikan. dan, si bapak pun menjawab dengan senang hati. sampailah pertanyaan berikut, yang saya jamin, tidak pernah dipikirkan si bapak. "pak, positif atau negatif," tanya fulan. 'pahlawan tanpa tanda jasa ini' terkesima sebentar. lantas dengan senyum mengulas bibir ia pun menjawab: "lan, positifnya sudah dari tahun lalu."
nah, ini dampak positif atau negatif dari kebiasaan membaca. oh, ya, fulan sekolah di sekolah dasar swasta dan duduk di kelas 5. kebayang gak sih kalo pertanyaan ini ditujukan kepada guru sd negeri?

You Might Also Like

6 komentar

populer...