puasa malah (gak) sehat...

9:30 PM

berpuasalah kamu supaya sehat
itulah salah hadis nabi muhammad saw yang barangkali banyak yang sudah hafal luar kepala. shaum di bulan ramadhan 1428 hijriah yang sedang kita jalani sudah berjalan delapan hari. barangkali, sudah ada yang batuk-batuk atau pilek. dan, yang kalau sakitnya berat, boleh jadi, malah tidak puasa. kalau begini hadis itu salah dong?

eits, tunggu dulu. masak iya hadis salah. (ada memang hadis yang tidak soheh, tapi postingan ini bukan ingin membuktikan soheh tidaknya sebuah hadis. lagi pula saya bukan ahlinya. :d). kemungkinan yang salah adalah yang berpuasa. eits, jangan protes dulu. coba kita lihat.

berapa jam kita berpuasa? dari subuh hingga magrib. sekitar 13 jam-an ya. nah, giliran bedug magrib bertalu-talu, tanpa perlu perintah serbu, langsung saja semua dimakan. kalau bisa semua yang ada di meja makan disikat tuntas. terbayangkankah? kalau kardus kosong dipenuhi dengan barang sih tidak apa-apa. sementara perut manusia 'kan bukan kotak mati.

heran memang kalau melihat hidangan yang disajikan untuk berbuka bersama. ada teh manis, kolak, biji salak, bubur kampiun, kue jajanan pasar, dan aneka makanan untuk 'main course' yang sudah pasti berat-berat. tapi demi, lapar perut (serta lapar mata :d) makanan yang ada kalau belum habis kayaknya gak rela ditinggalkan begitu saja. padahal isi perut ada batasnya.

tidak mengherankan akhirnya bukan sehat malahan jadi gak sehat. dan, kebiasaan selalu berbuka dengan yang manis. ini juga, katanya, sesuai dengan sunnah rasul. tapi apa iya demikian? coba simak ini. jadi korban iklan ya? :d.

sebagai penutup, tadi saya menemukan doa yang menurut saya bagus:
Ya Allah, masukkan kebahagiaan pada penghuni kubur
Ya Allah, kenyangkan orang yang miskin
Ya Allah, kenyangkan orang yang lapar
Ya Allah, tunaikan utang orang yang berutang
Ya Allah, hiburlah orang yang kesulitan
Ya Allah, kembalikan orang yang terasing
Ya Allah, bebaskan orang yang tertawan
Ya Allah, perbaiki urusan kaum muslim yang rusak
Ya Allah, sembuhkan orang yang sakit
Ya Allah, tutup kemiskinan kami dengan kekayaanMu
Ya Allah, ubah keadaan kami yang buruk dengan sebaik-baiknya keadaanMU
Ya Allah, tunaikan utang kami dan lepaskan kami dari kemiskinanmu
Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.
mumpung shaum ramadhan baru hampir sepertiga putaran dan kalau allah swt mengijinkan yuk berpuasa dengan baik dan benar.

pemutakhiran (2109): ada sohib yang 'protes' mengenai berbuka dengan yang manis. kata beliau, badan atau fisik itu pintar sekali menyesuaikan diri. ia tahu bagaimana caranya menstabilkan diri. ketika puasa cadangan gula yang dipakai (jadi kita tidak lapar). dan, 'gudang' separuh kosong. ketika makanan masuk (saat berbuka) ya dimasukkan ke 'gudang' yang kosong itu. setelahnya nanti separuhnya dipakai di dalam darah untuk tenaga. jadi semua bakal stabil. jelas? jelas-jelas tidak, mungkin. tapi maksud saya, saat berbuka puasa tentu bukannya untuk balas dendam karena siang hari tidak makan sama sekali. wallahu alam bi'shawab.

You Might Also Like

5 komentar

populer...