gulanya kok pahit...

4:55 PM

"aku pulang bawa kelapa muda," kata ibu nanda. hmmm, ini artinya ada kerjaan buat nanti sore, mbatin ayahnya nanda. sementara nanda tidak terlalu hirau. yang namanya rejeki memang tidak kemana kan. menjelang berbuka artinya saya harus berjibaku dengan kelapa muda. berjibaku? wah, sepertinya dahysat sekali ya. padahal sih cuma 'ngerokin' daging kelapanya saja. sayang teman kelapa muda ini si cingcau hitam tidak ikut dibawa pulang ke rumah. tapi cukuplah, buka puasa kan tidak perlu jor-jor-an seperti tarif tol jorr.

"yah, gulanya habis," ujar ibunya nanda. "mas, tolongin ibu ke warung beli gula," saran paling manis dari ayahnya :d. "ah, ayah aja deh, aku capek ni lagi puasa," jawab nanda. hehehe... nanda, nanda, puasa kok capek nak. argumen lawan argumen, akhirnya saya dan nanda ke mini market. selain gula, nanda juga dapat komik. kalau saya sih biasa mencari kopi lain.

menjelang bedug digebukindipukul(in), kelapa muda sudah siap disantap. buah melon juga sudah disiapkan. "nanti bikin teh manisnya pake gula yang ibu masak (hitam gulanya seperti gula merah) aja yah," kata ibunya nanda. saya pun mengikutinya. tak lama listrik padam. nanda kesal sekali secara dia sedang mendengarkan prambors. alhamdulillah adzan berbunyi lampu tak lama gemebyar lagi.

teh pun disruput. glek. "pahit," kata nanda. idem ujar saya. penasaran tambahkan lagi, teteup aja pahit. "buat ibu sih segini udah manis kok," kata ibunya. lupakan dulu teh manisnya. kelapa muda segera pindah ke mangkok ditambah melon terus dialuri si gula hitam. pahit juga dong? tidak dong karena ditambah susu kental manis. sementara saya yang masih penasaran dengan si teh, punya ide nambahin susu kental manis ke dalam teh. alhamdulillah, nanda juga suka.

tapi buka puasa kemarin itu memang rada aneh. kelapa muda kok ditambah melon dengan karamel yang agak pahit plus susu. tidak karu-karu-an sebenarnya. tapi kami bertiga tertawa saja menikmatinya. susah loh mencari momen seperti ini (meminjam istilah nanda: berbincang-bincang dalam keluarga). alhamdulillah 'keanehan' itu ditutupi oleh mujair goreng garing. (saking garingnya dan kelihatan renyah, nanda gak sabaran mencuil-cuil si mujair). ditambah lagi sayur asem. ah, menu sehari-hari yang selalu bikin kangen.

You Might Also Like

8 komentar

populer...