partisipasi vs kontribusi...

10:37 AM

nb. bagi mereka yang tidak dapat berpartisipasi harap memberikan kontribusi.
itulah penutup undangan dari pak ketua rukun tetangga. isi undangannya: semua warga diharapkan kehadirannya untuk kerja bakti membersihkan rumput di sebelah lapangan voli. acara dimulai pukul tujuh waktu indonesia bagian barat. tapi sebelum berangkat ke lapangan, seperti pesan di undangan, jangan lupa untuk membersihkan selokan di depan rumah.

alhamdulillah. di depan rumah pohon teh-teh-an sudah dipangkasrapikan oleh kakek (tetangga yang sering dimintakan tolong oleh ibunya nanda). selokanpun sudah bersih. dalam artian tak perlu lagi dibersihkan karena yang tertinggal di dalamnya adalah endapan lumpur. kalaupun (nekad) ingin mengangkatnya menaruh lumpurnya malah bingung. ditauh di pinggiran jalan malah mengganggu lalu lalang kendaraan dan orang. jadi, biarkan saja :d.

balik ke 'nb undangan' awalnya saya juga berpikir ingin berkontribusi saja tanpa perlu ke lapangan. (lagipula malamnya kan ke pesta kawinan, cape dong ah :d). tapi kalau semua mempunyai ide yang sama dengan saya yaitu berkontribusi alias memberikan makanan atau minuman, bisa-bisa lebih banyak kontribusinya daripada yang kerja bakti.

dan, ternyata, sesampainya di lapangan yang ikutan hanya beberapa bapak. apa iya yang lain berkontribusi? nanti dulu. sesuai tradisi, tanpa ditulis di 'nb' pun sudah pasti ada yang mau menyumbang konsumsi. lalu kemana bapak-bapak lainnya? apa kebetulan libur panjang jadi punya acara masing-masing. oh, ya, acaranya 18 maret kemarin. entahlah.

padahal kerja bakti seperti ini, merupakan ajang silaturahim yang jarang terjadi. yang bisa untuk saling mengenal tetangga baru. bisa pula untuk ajang ngerumpi ngalor-ngidul yang bikin erat hubungan ketetanggaan. atau membuka ladang bisnis baru.

mudah-mudahan ini bukan fenomena yang seperti terjadi di kompleks perumahan elit dimana sesama tetangga saling tak tahu nama dan saling tak mau tahu. mudah-mudahan hanya karena waktunya yang tidak pas. (tapi ngepasin waktu orang se-rt susah kan ya).

You Might Also Like

2 komentar

populer...