jadi kutu anjing...

2:36 PM

Kutu anjing adalah binatang yang mampu melompat 300 kali tinggi tubuhnya. Namun, apa yang terjadi bila ia dimasukan ke dalam sebuah kotak korek api kosong lalu dibiarkan di sana selama satu hingga dua minggu? Hasilnya, kutu itu sekarang hanya mampu melompat setinggi kotak korek api saja! Kemampuannya melompat 300 kali tinggi tubuhnya tiba-tiba hilang.
pernah membaca kutipan pada awal postingan ini? tahukah anda berapa ukuran seekor kutu anjing atau yang juga sering disebut caplak? tidak besar. kata teman yang pernah memelihara anjing, sekitar setengahsentian sampai satu sentian. taruhlah kita ambil satu senti berarti 300x-nya adalah tiga meter. subhanalah. sambung lagi kutipannya:
Ini yang terjadi. Ketika kutu itu berada di dalam kotak korek api ia mencoba melompat tinggi. Tapi ia terbentur dinding kotak korek api. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sehingga ia mulai ragu akan kemampuannya sendiri.

Ia mulai berpikir, "Sepertinya kemampuan saya melompat memang hanya segini." Kemudian loncatannya disesuaikan dengan tinggi kotak korek api. Aman. Dia tidak membentur. Saat itulah dia menjadi sangat yakin, "Nah benar kan? Kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya!"

Ketika kutu itu sudah dikeluarkan dari kotak korek api, dia masih terus merasa bahwa batas kemampuan lompatnya hanya setinggi kotak korek api. Sang kutu pun hidup seperti itu hingga akhir hayat. Kemampuan yang sesungguhnya tidak tampak. Kehidupannya telah dibatasi oleh lingkungannya.
sebenarnya kutipan awal itu berupa e-mail dan masih ada lanjutannya. tapi saya mau menarik kesimpulan sederhana: lingkunganlah yang membentuk sesorang. atau, carilah lingkungan yang membantu diri untuk maju. dan, yang menentukan maju-tidaknya seseorang ya orang itu. dan, tentunya tak lepas dari campur tangan allah swt.

You Might Also Like

2 komentar

populer...