empat ibu...

3:53 PM

kasih ibu
kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
hanya memberi
tak harap kembali
bagai sang surya menyinari dunia

sebuah lagu lawas yang barangkali sudah jarang dikenal oleh anak-anak masa kini. sederhana.mudah dicerna. tak susah dihafalkan. tapi, hingga tadi saya mencarinya dengan mesin pencari belum diketahui siapa penciptanya.

ngomongin soal ibu, tentu bukan hanya pada hari ibu yang jatuh tepat hari ini. apa yang dilakukan seorang ibu kepada keluarganya takkan pernah dapat dibalas dengan imbalan yang setimpal. seorang ibu pun takkan pernah pamrih saat melakukan semuanya. adakah ia mencari pahala? tentu tidak. karena urusan pahala sudah ditentukan oleh yang kuasa.

dalam kehidupan saya, saya mempunyai empat orang ibu. ya, benar 4. satu orang ibu kandung yang dari rahimnya saya dilahirkan. seorang ibu mertua yang sudah kembali ke haribaan sang khalik. dan, dua mama angkat, yang satu tinggal di kadipaten, jawa barat dan satu lagi di bilangan jakarta barat tepatnya meruya.

enak ya punya empat ibu. mungkin, ini yang terlontar di benak saat membaca kalimat di atas. enak gak enak. yang paling susah adalah memberikan perhatian yang sama kadar dan besarnya kepada mereka. kalau satu dikunjungi, yang lain memang tidak meminta tapi hukumnya adalah wajib juga didatangi.

selamat hari ibu buat seluruh ibu yang hanya memberi dan tak pernah meminta untuk apa yang telah diberikannya. insya allah barokah dan karomah allah swt selalu mampir bagi para ibu, amin.

You Might Also Like

5 komentar

populer...