empat-empat-tiga...

6:06 PM

ini bukan kode togel atau toto gelap, yang katanya, dilarang tapi kok tetap ada saja yang ‘ngecak’ kode. ini bukan juga pola permainan sepak bola. Ini adalah ‘pola’ sholat tarawih.

hari minggu sehabis berbuka, nanda mengajak saya tarawih: “yah, nanti malam kita tarawih lagi ya.” saya mengiyakan dengan bertanya: “selesai sholat isya kan?” sebuah tanya yang sebenarnya tidak perlu ditanyakan. :d

jarum jam yang panjang sudah menunjuk ke angka enam dan yang pendek ke tujuh. saya mengingatkan dan mengajak nanda untuk sholat isya dan tarawih. “sebentar lagi yah, masih kenyang nih,” jawabnya. saya tidak mengulangi dua kali ajakan itu. namun, ketika sang waktu semakin beranjak tua, saya segera mengambil air wudhu. dan, mengajak nanda sholat.

usai mengucapkan salam di sholat isya, saya menanyakan kepada nanda: “langsung?” “iya dong,” katanya. saya pun segera meneruskan dengan sholat tarawih. “sebelas rakaat ya yah,” imbuh nanda. ketika sholat isya, beberapa kali dengan sudut mata saya melihat nanda menguap. waktu tarawih, ia kembali menguap. ingin rasanya saya menghentikan tarawih, tak tega melihatnya kelihatan lelah. lepas empat rakaat pertama lalu salam, saya menengok ke arahnya ia malah tersenyum.

masuk empat rakaat kedua, sesekali ia masih menguap. tapi melihat semangatnya yang tak putus, saya meneruskannya hingga selesai. “tinggal tiga rakaat lagi yah,” katanya. saya hanya tersenyum. lepas tiga rakaat terakhir, setelah membereskan sarungnya nanda langsung ‘grusuk’. (ini istilah nanda untuk langsung merasakan empunya kasur dan guling :d.)

saya teringat saat sholat tarawih di mesjid. adakalanya sang imam membacakan surat-surat panjang alih-alih surat pendek. bagi mereka yang masih muda usia, barangkali tidak menjadi masalah. tapi, jamaah sholat tarawih bukan hanya kaum muda, ada juga para orang tua dan anak-anak. belum lagi kalau rakaatnya sampai duapuluh tiga. apa iya bacaan sholat tarawih harus selalu panjang-panjang? apa iya kalau tidak panjang lantas sang imam dianggap tidak mampu?

atau saya yang belum mengerti sepenuhnya akan sholat tarawih?

You Might Also Like

5 komentar

populer...