jangan...

5:30 PM

suatu pagi di mobil jemputan nanda:

“jangan bohong deh, kan bulan puasa ni,” kata seorang teman nanda.

“puasa-puasa kok ngeledekin orang sih,” ujar temannya yang lain.

“kamu nggak puasa ya, gangguin terus nih,” temannya satu lagi berucap.

dan, banyak ungkapan lain. semuanya ‘memanfaatkan’ bulan ramadhan. bulan yang hanya datang sekali dalam setahun.

bulan ramadhan adalah bulan yang suci. saya yakin semua sudah mengetahui ini. maka, kemudian, kita harus menjaga erat-erat kesuciannya. lalu, larangan demi larangan diumumkan. jangan begini. tidak boleh begitu. dan, lain sebagainya.

bukan hanya anak-anak sebaya nanda saja yang saling mengingatkan untuk tidak berbuat tidak baik di bulan puasa. kita, orang-orang dewasa pun melakukan hal yang sama. atau ada yang tidak mengikuti anjuran menghindarkan yang buruk-buruk di bulan ini?

sebelum puasa, teman-teman se-kantor, antara serius dan tidak, mengingatkan: “ayo abisin sekarang gosipnya, besok udah mau puasa.” semuanya bermuara pada ‘jangan ini’ dan ‘jangan itu’. seakan selepas ramadhan, kita boleh lagi bergosip dan lain sebagainya yang masih sekerabat dengan itu. apa iya demikian?

hari ini, hari ke-tigabelas kita menjalani ibadah shaum ramadhan. kita memasuki putaran sepuluh hari ke-dua. rasanya baru kemarin kita memulai makan sahur. akankah kita terus menjaga kesucian ramadhan dan meneruskannya hingga di bulan-bulan lain?

wallahualam bishawab.

You Might Also Like

3 komentar

populer...