hari ayah...

6:04 PM

di manca negara ada yang namanya hari ibu dan hari ayah. ini perayaan sekali dalam setahun. tapi, di rumah saya setiap sabtu dan minggu namanya hari ayah. para pembaca – sesama blogger – yang budiman dan budiwati, mohon tidak berpikir bahwa hari ayah artinya ayah di dua hari weekend itu kerjanya hanya berleha-leha dan bersantai-ria. tidak. dan, bukan itu maksudnya.

ini merupakan kesepakatan kami berdua. antara saya dan ibunya nanda. di hari-hari itu, artinya nanda adalah urusan saya. tugas saya untuk menemaninya belajar. bagian saya untuk mengikutinya bersepeda. urusan saya untuk ikut main game komputer (yang ini asyik ni, hehehe...). plus cuci piring. menyapu dan mengepel. dan, sebagainya dan sebagainya. kalau singkatnya, tiada saat bersama ayah di hari sabtu dan minggu.

bagaimana dengan ibunya nanda? apakah lantas ia santai habis-habis-an? salah kalau beranggapan seperti itu. ia tetap berkutat dengan urusan rumah tangga. memasak. mencuci pakaian. menyetrika (jadi ingat
mbak hanny). mana ada sih urusan rumah tangga yang selesai. kalau ada yang bilang selesai, boleh jadi, pembantunya ada lebih dari satu.

mengapa sih tidak memakai jasa pramuwisma? wah itu kan eksploitasi manusia atas manusia. tidak. bukan begitu sih. kami pernah menggunakan jasa mereka. (dan, berterima kasih karena berkat jasa salah satu dari mereka, nanda jadi lebih cepat berbicara waktu kecil dulu.). namun, belakangan, pramuwisma yang kami dapatkan, malah bukannya membantu tapi membuat kami (agak) kesal. ah, sudahlah, bagaimanapun kami tetap menghargai layanan yang mereka berikan.

balik ke 'hari ayah’, ini hanya sekadar meringankan tugas ibunya nanda. hanya sebagian kecil porsi bantuan yang saya berikan. selebihnya, sebagian besar masih dikerjakan isteri saya. ibaratnya air yang menetes ke tengah samudera. itulah yang saya berikan.

sangat boleh jadi dan sangat mungkin, banyak ayah-ayah lain yang porsi bantuannya kepada isterinya lebih besar daripada saya. dan, saya juga yakin, itu semua dilakukan dengan ikhlas. atau terpaksa? insya allah tidak. wallahualam bishawab.

You Might Also Like

6 komentar

populer...