komputer...

9:39 AM

pak tolong dong, bantuin saya pak.
bingung ni saya pak.
pertanyaanya gini apa pemroses data pada komputer.
apa alat keluaran komputer.
apa perangkat keras komputer.
apa perangkat lunak komputer.
tolong ya pak, anak saya sudah nangis ni.

itulah butir-butir kata yang saya terima lewat layanan pesan singkat tadi malam. belum lagi saya jawab, pengirim sms tadi malah langsung nelepon. berhamburanlah pertanyaan-pertanyaan itu kembali. dengan sabar saya mencoba menolong teman ini.

saudara-saudari sekalian yang sedang membaca pungutan saya ini, tahukah anda pertanyaan mengenai komputer ini untuk anak sekolah kelas berapa? sekolah menengah pertama. bukan. pasti sekolah menengah atas. salah juga. ah, ini sih sekolah teknik menengah. masih salah. ternyata itu pelajaran komputer untuk kelas dua sekolah dasar. ya benar sd. sekolah ini ada di daerah tebet, statusnya negeri.

hebat ya? atau? entah apa maksudnya anak seusia itu di’jejal’i dengan pelajaran seperti tersebut. sebagai bekal menghadapi era globalisasi, kata seorang teman. jauh-jauh hari anak-anak sudah harus kita siapkan, agar kelak mereka tidak ketinggalan dengan anak-anak negara lain. sambung teman yang satunya. entah dalam semangat meledek atau sungguh-sungguh.

sedemikian perlunyakah? begitu pentingkah? sampai-sampai sejak usia sd anak-anak kita sudah harus mengetahui pelajaran komputer dengan materi demikian? atau barangkali ingin masuk muri alias museum rekor indonesia.

mudah-mudah-an tak ada lagi berita: semalam anak saya menangis karena tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah pelajaran komputer.

You Might Also Like

4 komentar

populer...